Baznas Kota Tangerang Targetkan Penerima Zakat Mencapai Rp8 Miliar di Tahun 2018

Baznas Kota Tangerang Targetkan Penerima Zakat Mencapai Rp8 Miliar di Tahun 2018
Ketua Baznas Kota Tangerang Drs HM Aslie Elhusyairy

TANGERANG, Pelitabanten.com pada tahun 2018 telah menetapkan jumlah penerimaan mencapai Rp8 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2017 yang ditargetkan yakni Rp4 miliar.

Ketua Baznas Kota Tangerang Drs HM Aslie Elhusyairy menuturkan, meningkatnya jumlah penerimaan merupakan dari hasil penghitungan yang disesuaikan dengan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan Kota Tangerang.

Berdasarkan data penerimaan, jumlah yang dicanangkan sejak tahun 2015 hingga 2017 dapat memenuhi . Selain itu, dalam proses penerimaan zakat ini pun melibatkan peran serta banyak pihak sehingga Baznas memiliki rasa optimistis.

“Penerimaan zakat sebesar Rp8 miliar tahun ini kami yakini dapat terpenuhi sebab kami melibatkan peran serta DKM di seluruh wilayah,” ujarnya di Tangerang. Selasa (29/5/2018)

Sementara itu, target penerimaan zakat dari 2015 hingga 2018 memang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 ditarget sebesar Rp1 miliar lalu meningkat Rp2 miliar di tahun 2016 dan Rp4 miliar di tahun 2017.

Sementara itu, Baznas Kota Tangerang melakukan dengan RT/RW dan Dewan Kemakmuran (DKM) sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat di wilayah yang ingin berzakat.

Wakil Ketua Bidang , Sumber dan Umum yakni Subur Amin Mubarok menjelaskan, RT/RW dan DKM yang kemudian disebut sebagai UPZ tersebut akan menerima tugas dari pengurus ditingkat /Kecamatan dalam pengumpulan zakat.

Selain mendapatkan surat tugas secara resmi, UPZ yang terdiri dari RT/RW dan DKM pun diberikan buku kupon bukti pembayaran zakat. Sehingga, masyarakat bisa membayar zakat melalui RT/RW atau DKM karena secara otomatis masuk ke Baznas Kota Tangerang.

“Dengan adanya keterlibatan RT/RW dan DKM sebagai UPZ maka memudahkan masyarakat yang ingin berzakat,” ujarnya.