Bawaslu Kota Tangerang Akan Menjaring 39 Panwascam dari 13 Kecamatan

Bawaslu Kota Tangerang Akan Menjaring 39 Panwascam dari 13 Kecamatan
Agus Muslim Ketua Bawaslu Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang, Provinsi Banten bakal menjaring 39 badan ad hoc panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim mengatakan calon peserta yang sudah mendaftar dan mengembalikan formulir hingga Selasa, (27/9) sore terdapat sebanyak 166 peserta dari 13 kecamatan se-kota Tangerang.

“Dari formulir terkumpul 166 peserta, dengan jumlah perempuan sebanyak 29 orang, kita akan melakukan verifikasi administrasi segera,” kata Agus di temui Pelitabanten.com di Kantor Bawaslu kota Tangerang. Selasa, (27/9/2022) sore.

Lanjut Dia, dari hasil rekapitulasi yang sudah diterima, pihaknya akan melihat apakah sudah terpenuhi dengan minimal 6 orang dari setiap kecamatan se-kota Tangerang.

“Apabila masih kurang dalam keterwakilan perempuan, Bawaslu bakal memperpanjang proses pendaftaran calon Panwascam ini,” tuturnya.

Selanjutnya, terkait dengan persoalan yang dapat mempengaruhi pencalonan bakal calon Panwascam dirinya akan melakukan verifikasi ketat, melalui tracking dan langkah signifikan.

“Kami tetap berkomitmen bahwa Bawaslu Kota Tangerang akan tetap pada marwahnya, independen, mandiri, dan tidak berpihak,” tandasnya.

Agus pun menyampaikan, setelah dilakukan Verifikasi administrasi, maka tahapan selanjutnya adalah meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat, tes tertulis, dan tes wawancara.

“Nanti kita lihat apakah nanti calon panwascam terafiliasi ke partai politik tentu, masukan dan informasi dari masyarakat sangat kami (Bawaslu) butuhkan tentunya by data, selain itu kita melakukan cek and ricek secara per-peserta,” tutupnya.