Bareng BKKBN, Anggota DPR RI Sosialiasi Cegah Stunting di Kronjo

Bareng BKKBN, Anggota DPR RI Sosialiasi Cegah Stunting di Kronjo
Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Rizal saat menyampaikan materi sosialisasi pencegahan stunting, (dok ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com –Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama BKKBN menggelar kegiatan sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) program bangga kencana kepada masyarakat kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka mengedukasi masyarakat soal pencegahan stunting gizi buruk. Kegiatannya di gelar di Desa Cirumpak, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Selasa (8/11/2022).

Muhammad Rizal mengatakan bahwa di Banten angka stunting ada 24,5 persen, di kota Tangerang 12,5 persen, di Tangsel sudah 19,5 persen, sementara itu di kabupaten Tangerang cukup tinggi sampai di angka 23,3 persen.

Menurut Rizal semoga dengan adanya kegiatan sosialiasi ini masyarakat kabupaten Tangerang mendapatkan ilmu tentang wawasan pencegahan stunting dan melakukan pola hidup yang sehat.

“kita kedepan harus memberikan anak kita gizi yang baik, untuk pencegahan stunting di mulai dari semenjak calon pengantin harus sudah disiapkan seperti memeriksa kesehatannya termasuk umurnya juga, lalu pada saat hamil harus di perhatikan juga, sampai setelah bayi lahir proses pertumbuhan anak juga diperhatikan sampai anak umur 2 tahun dan harus di berikan susu asi ibu jangan susu yang lain.” terang Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Rizal melanjutkan terkait soal gizi, menurutnya ini perlu diperhatikan juga oleh pengantin ketika sudah menikah sampai mempunyai anak, seperti dari makanannya, pola gijinya sehat, pola hidupnya teratur menjaga kesehatan jasmani dan rohani, agar terciptanya keluarga yang berkualitas, produktif dan sejahtera.

“Target kedepan tahun 2045 Indonesia akan menjadi negara yang besar, negara yang hebat, kuat, sejahtera, dan kita hadir di negara negara di dunia ini, maka dari itu kita harus mempersiapkan generasi penerus bangsa yang cerdas, hebat dan kuat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.” ungkap rizal

Sementara itu kepala Desa Cirumpak Ridwan mengucapkan terimakasihnya kepada bapak Muhammad Rizal Anggota DPR RI fraksi PAN yang telah menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan stunting di wilayah desanya.

“terimakasih bapak haji Muhammad Rizal Anggota DPR RI telah mengadakan kegiatan sosialisasi seperti ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Cirumpak, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus berkesinambungan lagi,” ungkapnya

Kegiatan itu pun di hadiri Direktur Bina Kualitas pelayanan KB BKKBN bapak Martin Suanta, Sekertaris BKKBN Provinsi Banten bapak Yudha Ganda Putra, Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tangerang bapak Agus Husen Setiawan, Camat Kronjo bapak Satibi, dan Kepala Desa Cirumpak bapak Ridwan. Adapun pesertanya dari berbagai elemen masyarakat, seperti dari kader puskesmas, kader posyandu, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, pemuda-pemudi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.