Atasi Persoalan Sampah, Masyarakat Panunggangan Utara Mandiri Bangun TPS

Atasi Persoalan Sampah, Masyarakat Panunggangan Utara Mandiri Bangun TPS
Bersih dan Rapih, RW 05 Panunggangan Utara Miliki TPS sendiri. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Berkomitmen mengatasi persoalan sampah di lingkungannya, Masba Ketua Rukun Warga (RW) 05 Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) secara mandiri berlokasi di Jalan Rasuna Said, RT 07 RW 05 Sawah Dalem.

Menurut Misba berdirinya TPS tersebut merupakan keinginan masyarakat sejak lama, dibangun dengan cara swadaya.

“Ini keinginan warga sejak lama. Namun, tidak juga dapat terwujud, kini saya yang mewujudkannya, meski saya baru beberapa bulan menjabat sebagai ketua RW,” kata Dia Rabu (23/2/2022).

Jelas Misba, swadaya yang dilakukan juga merupakan inisiasi Ketua RT bersama masyarakat yang ada di wilayah RW 05 Panunggangan Utara, sebagai ketua RW yang baru dirinya berkewajiban memenuhi apa yang menjadi mimpi masyarakatnya.

“Didorong para RT dan Warga. Sebab dulunya, sampah-sampah ini terbuka dan dibiarkan bercecer hingga kejalan. baunya menggangu warga, sekarang sudah kami rapihkan dan kini tertutup, tidak bau,” ujarnya.

Maka, Ia meminta kepada seluruh warga RW 05 agar tidak membuang sampah sembarangan, tempatnya sudah disediakan harus di kelola dengan baik.

“Saya minta masyarakat jangan membuang sampah secara sembarangan, sudah ada tempatnya. Karena, nanti akan dibuat peraturan – peraturan yang harus ditaati oleh warga” tuturnya.

Dengan dibangunnya TPS ini, lanjut Misba masyarakat harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). sampah menjadi permasalahan dan bisa menimbulkan penyakit.

“Tujuannya, masyarakat selalu bisa hidup bersih dan sehat, semua harus diatasi bersama,” tutupnya.