Atasi Banjir, Danau Seluas 2000 M² Segera Dibuat di Gempol Raya Kota Tangerang

Atasi Banjir, Danau Seluas 2000 M² Segera Dibuat di Gempol Raya Kota Tangerang
Walkot Tangerang Arief R Wismansyah Tinjau Lokasi yang Bakal dijadikan Danau Buatan, di Gempol Pinang. Senin (10/4). Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Ruta Ireng Wicaksono meninjau sejumlah titik yang kerap terjadi genangan di wilayah Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Senin (10/4/2023).

“Yah kita sedang tinjau agar limpasan dari permukiman ini tidak lagi meluap ke jalan-jalan lingkungan apalagi sampai ke pemukiman warga.”

“Yang pasti penyebabnya ya karena kurangnya spot-spot untuk antrian air sehingga airnya meluap karena air ini kan pasti akan terus mencari jalan gitu ya.” ungkap Arief.

Untuk itu, sambung Arief, rencananya Pemerintah Kota Tangerang akan menyiapkan sebuah danau buatan dengan luas kurang lebih 2000 m² sebagai mekanisme penampungan air dari limpasan permukaan tol tersebut.

“Ya sedang disiapkan ya memang sudah direncanakan danau buatan tersebut dan juga tandon-tandon air di sejumlah titik.”

“Agar airnya sebelum dibuang dan dialirkan ini bisa mengantre dulu sehingga tidak meluap ke jalan apalagi pemukiman warga.” imbuhnya

Selain sistem penampungan luapan air, Arief juga menekankan pentingnya sistem drainase dan saluran air dalam sistem penanganan genangan dan banjir di wilayah tersebut.

“Selain itu nanti juga akan dibuat crossing drainase untuk jalan air sehingga sistem salurannya dapat berjalan tanpa ada hambatan dan air bisa mengalir dengan sebagaimana mestinya.”

“Ini semua sebagai langkah antisipasi sekaligus persiapan agar nanti sewaktu musim hujan di akhir-tahun luapan-luapan dapat tertangani dan genangan-genangan dapat diminimalisir.” tukas wali kota.