Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan Polresta Tangerang

Kapolresta Tangerang KOMBESPOL Dr.Sigit Dany Setiyono, S.H., S.I.K., M.Sc.Eng. memimpin apel Ketua satuan keamanan lingkungan, Foto. (Istimewa)
Kapolresta Tangerang KOMBESPOL Dr.Sigit Dany Setiyono, S.H., S.I.K., M.Sc.Eng. memimpin apel Ketua satuan keamanan lingkungan, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Kapolresta Tangerang KOMBESPOL Dr.Sigit Dany Setiyono, S.H., S.I.K., M.Sc.Eng. memimpin apel Ketua satuan keamanan lingkungan (Kasatkamling) bertempat di Halaman polresta Tangerang, Rabu (21/06/2023). Selain diikuti oleh unsur TNI dan Polri, apel juga melibatkan dari Satpol pp,dishub serta aparatur di tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

Apel Kasatkamling dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia. Turut hadir dalam pelaksanaan di TIGARAKSA yakni Forkopimda TIGARAKSA.

Kapolresta Tangerang membacakan amanat Kapolri yang ingin mempercepat revitalisasi Satkamling. Sebagai garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW, Satkamling menjadi peringatan dini potensi kejahatan dan melakukan pencegahan prediktif.

Satkamling merupakan unit terkecil yang beranggotakan warga setempat di tingkat RT/RW. Solidaritas dan kepedulian warga yang ingin dibangun dengan senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

“Sebagaimana kutipan dari penyair asal Amerika Serikat, Ralph Waldo Emerson bahwa sistem keamanan yang paling kuat adalah sistem yang anda bangun di dalam dirimu sendiri,” kata Kapolresta.

Agenda Pemilu 2024 menjadi tantangan Satkamling ke depan. Unit ini diharapkan menjadi sistem pendingin agar tidak ada perpecahan masyarakat karena perbedaan pilihan.

“Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi, karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan,” imbuhnya.

Data Mabes Polri awal tahun 2023, dari total 230.028 pos Satkamling di Indonesia hanya 60 persen atau 134.753 pos Satkamling yang aktif. 95.275 pos dinyatakan tidak aktif