Antisipasi Dampak Bencana, Benyamin Pimpin Apel Kesiapsiagaan

Antisipasi Dampak Bencana, Benyamin Pimpin Apel Kesiapsiagaan
Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie,saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana, (dok ist)

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com  – Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar Apel kesiapsiagaan Bencana. Apel dipimpin langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, dari Lapangan Sunburst, BSD Serpong, pada Sabtu (19/11).

Benyamin mengungkapkan, kegiatan ini merupakan langkah preventif, sekaligus mengantisipasi dampak bencana yang dapat terjadi selama musim hujan.

“Bencana tidaklah memilih-milih tempat, waktu, dan korbannya. Untuk itu diperlukan kesiapsiagaan dan kerja sama antara pemerintah daerah dengan seluruh pihak, termasuk bersama tim kedaruratan,” ungkapnya.

Untuk itu, perlu upaya antisipasi dan kesiapan dari perangkat daerah guna menghadapi potensi bencana yang mungkin saja terjadi.

Sebagai wilayah yang juga termasuk rawan bencana, kata Benyamin, diperlukan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang solid. Mulai dari mengidentifikasi, menganalisis hingga mengambil tindakan pencegahan bencana.

“Ini dapat mengurangi tingkat risiko suatu bencana,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar memiliki kepekaan terhadap kondisi daerahnya. Sehingga terjalin kolaborasi bersama masyarakat dalam pencegahan hingga pengurangan risiko akibat terjadinya kanker bencana.

“Dan tak kalah pentingnya, soal kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan tidak, membuang sampah sembarangan. Untuk itu saya berharap kolaborasi bersama masyarakat semakin kuat,” pungkasnya.