2 Jam, Hujan Deras Mengakibatkan Banjir di Kota Tangerang

2 Jam, Hujan Deras Mengakibatkan Banjir di Kota Tangerang
Hujan Deras Mengakibatkan Banjir di Kota Tangerang Sejumlah Petugas Dikerahkan. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Sejumlah wilayah di Kota Tangerang, terjadi genangan hingga banjir akibat hujan deras dengan intensitas tinggi selama 2 jam melanda sejak pukul 15.30 WIB, Selasa (5/4/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Kota Tangerang, Gufron Falfeli mengungkapkan hingga pukul 20.00 WIB ada 17 wilayah tersebar dibeberapa kecamatan di Kota Tangerang yang terlapor terjadi banjir.

Tercatat ketinggian kisaran 30 cm hingga tertinggi di 100 cm pada wilayah Taman Cibodas

“Penanganan langsung dilakukan dengan menurunkan petugas ke lapangan. Ratusan petugas dari OPD gabungan. Seperti Satpol PP, PUPR, DLH, Dishub hingga Disbudparman.

Namun dari BPBD sendiri sekitar 60 petugas dikerahkan dari Mako, UPT Cibodas dan Periuk,” ungkap Gufron saat dihubungi.

Ia pun menjelaskan, petugas yang turun membantu masyarakat untuk proses pengangkutan sampah, pembersihan drainase, lalu lintas, hingga pengamanan wilayah.

Sarana prasarana tengah diturunkan mulai dari tiga pompa penyedot yang sudah diturunkan, seperti di Kampung Sawah Dalam, Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang. Selain itu, tiga truk dan perahu juga sudah disiapkan jika dibutuhkan proses evakuasi hingga pengungsian.

“Saat ini, ketinggian air masih bertambah dan wilayah terjadi banjir bisa saja bertambah, Pasalnya hingga saat ini hujan belum reda.

Masyarakat yang membutuhkan emergency bisa menghubungi petugas di 112 atau 021-5582144 untuk proses pertolongan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tangerang, Achmad Zuldin Syafii menjelaskan lalu lintas di wilayahnya saat ini terpantau mulai berlangsung lancar.

Dimana sebelumnya, terjadi kemacetan yang cukup panjang di sepanjang wilayah Kebon Nanas, Transmart hingga Cikokol.

“Jika hujan berhenti, biasanya genangan di jalur besar cepat mengalami penyurutan. Tadi saya pantau di lokasi, lalu lintas mulai lancar walau masih terlihat ramai karena jam pulang kerja juga. Semoga segera reda, surut dan lalu lintas kembali normal,” katanya.