Beranda Politik Pilkada Irna-Tanto Belum Juga Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Sekda Banten:...

Irna-Tanto Belum Juga Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Sekda Banten: Kapan Siapnya?

490
BAGIKAN
Irna-Tanto Belum Juga Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang, Sekda Banten: Kapan Siapnya?
Foto: Istimewa

SERANG, Pelitabanten.com – Pilkada serentak pada Desember 2015 di Indonesia telah berlalu, dan para calon yang dinyatakan menang pun, satu demi satu mulai dilantik dan menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah. Namun, berbeda dengan daerah Kabupaten Pandeglang, mulai ditetapkannya sebagai pemenang pada pilkada serentak Desember 2015, hingga saat ini Sang Pemenang Irna Narulita-Tanto W Arban belum juga dilantik.

Surat keputusan (SK) Mendagri soal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang terpilih Irna Narulita-Tanto W Arban, telah diterima Pemprov Banten pada Jumat 18 Maret 2016. Namun, walau SK tersebut sudah diterima, belum bisa dipastikan kapan pelaksanaan proses pelantikan tersebut akan dilaksanakan. Hal ini dikarenakan masih tahap koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

“Saya menyerahkan jadwal pelantikan Bupati Pandeglang ke Pemda Pandeglang, karena mereka yang paham dengan kondisi pemerintahannya. Prinsipnya, Pemprov Banten siap melakukan pelantikan,” kata Sekda Banten Ranta Soeharta, Minggu (20/3/2016).

Ratna mengaku, Pemprov Banten telah menyerap semua arahan yang diberikan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelantikan kepala daerah. Arahan tersebut berisi bahwa pelantikan diserahkan ke Pemprov Banten.

“Namun, kami akan menyesuaikan jadwal pelantikan tersebut kepada Pemda Pandeglang. Jangan sampai, pada saat kami menentukan jadwal yang bersangkutan tidak bisa menghadiri pelantikan,” ungkapnya.

Ratna melanjutkan, pada dasarnya Pemprov Banten siap menggelar pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang secepatnya. Namun, tetap harus berkoordinasi dengan pihak yang akan dilantik.

“Kami ya siap saja. Senin besok kalau oke bisa kami siapkan. Namun pelantikan tidak bisa dipaksakan. Artinya harus ada koordinasi dengan penjabat Bupati Pandeglang terlebih dahulu, untuk membahas jadwal pelantikan tersebut,” tegasnya.

Baca juga :  Pengamat : Pasangan WH-Andika Miliki kekuatan Geopolitik Hingga Geografis
BAGIKAN