Mampukah Pasta Gigi Pemutih Memutihkan Gigi Secara Alami?

Mampukah Pasta Gigi Pemutih Memutihkan Gigi Secara Alami
Ilustrasi (Foto : ISTIMEWA)

Pelitabnten.com – Anda tentu ingin memiliki gigi yang tampak putih dan bersih, bukan? Ya, gigi yang putih memang menjadi idaman banyak orang. Pasalnya, gigi putih bisa mencerminkan kesehatan gigi yang lebih terjaga dan seseorang pun akan memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Berbincang tentang gigi yang putih, menggunakan produk pasta gigi salah satu upaya yang kerap dilakukan. Pasalnya, pasta gigi menjadi opsi yang paling simple serta mudah ditemukan untuk melakukan perawatan gigi.

Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah pasta gigi pemutih bisa memutihkan gigi secara alami?

Apakah Pasta Gigi Pemutih Bisa Memutihkan Gigi Secara Alami?

Efektivitas pasta gigi pemutih untuk mencerahkan gigi memang menjadi salah satu pertanyaan yang cukup sering muncul dan juga wajar. Pasalnya, seseorang pastinya ingin mendapatkan hasil terbaik dari perawatan gigi yang dilakukan menggunakan pasta gigi tersebut.

Bisa dikatakan bahwa pasta gigi pemutih cukup efektif untuk melakukan perawatan serta memutihkan gigi. Hanya saja, perlu diketahui bahwa pasta gigi ini hanya bisa membersihkan noda yang ada di permukaan luar atau enamel gigi yang membuat gigi terlihat kuning. Umumnya, masalah enamel gigi ini disebabkan oleh kebiasaan minum kopi, minum teh dan juga merokok.

Para pakar mengatakan bahwa pasta gigi pemutih tidak bisa mengubah warna alami gigi ataupun menghilangkan noda yang ada di bagian dentin atau bagian dalam gigi. Untuk Anda yang ingin membersihkan bagian dalam gigi untuk membuat gigi terlihat lebih putih, tentu ada perawatan lanjutan yang perlu dilakukan.

Selain itu, perlu dipahami bahwa penggunaan pasta gigi pemutih bukanlah perawatan yang instan dengan hasil yang langsung terlihat. Diperlukan waktu setidaknya sekitar 2 hingga 6 pekan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan frekuensi menyikat gigi dua kali sehari.

Tips Memilih Pasta Gigi Pemutih yang Tepat

Saat hendak membeli produk pasta gigi pemutih, Anda akan menemukan cukup banyak opsi pasta gigi yang ada di pasaran. Selain memudahkan Anda untuk memilih mana pasta gigi pemutih yang tepat untuk digunakan, pilihan yang sangat beragam juga kerap kali membuat bingung.

Ya, Anda perlu selektif dalam memilih produk pasta gigi agar tidak salah pilih dan mendapatkan produk yang memberikan hasil maksimal.

Terkait memilih pasta gigi pemutih, ada beberapa tips mendasar yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Cek legalitas produk pasta gigi

Salah satu tips untuk memilih produk pasta gigi pemutih yang tepat adalah dengan mengecek legalitas dari produk pasta gigi itu sendiri. Poin ini sangat penting karena legalitas produk menjadi bukti bahwa produk pasta gigi tersebut aman.

Nah, pada kemasan pasta gigi pemutih yang hendak dipilih, cek apakah ada logo legalitas yang dimiliki. Misalnya, persetujuan dari BPOM Indonesia ataupun American Dental Association. Contohnya produk pasta gigi Pepsodent, yang sudah memiliki izin edar dari BPOM dan tersertifikasi halal.

2. Cek kandungan bahan di dalamnya

Mengecek kandungan bahan yang ada di dalam produk pasta gigi pemutih juga penting untuk dilakukan. Pasalnya, kandungan tersebut berpengaruh pada tingkat keamanan pasta gigi yang hendak digunakan.

Pastikan pula pasta gigi pemutih yang Anda pilih memiliki kandungan bahan yang aman. Beberapa bahan kimia yang diperbolehkan ada di dalam produk pasta gigi pemutih diantaranya adalah silica, pyrophosphates dan juga hydrogen peroxide.

Dari uraian di atas bisa dikatakan bahwa penggunaan pasta gigi pemutih bisa menjadi salah satu opsi untuk memutihkan gigi. Hanya saja, Anda perlu selektif dalam memilih produk pasta gigi yang tepat. Nah, untuk rekomendasi pasta gigi pemutih yang tepat, Anda bisa memilih produk Pepsodent.

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis