Pentingnya Asuransi Bagi Masa Depan Anda dan Keluarga

Pentingnya Asuransi Bagi Masa Depan Anda dan Keluarga

Pelitabanten.com – Sudahkah Anda memiliki asuransi? Masa depan memang tidak pernah bisa diprediksi. Ada berbagai kejadian tak terduga yang terkadang dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, asuransi ada untuk membantu menjamin masa depan Anda.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa asuransi bukanlah hal yang penting dan hanya akan membuang uang. Padahal jika diketahui secara pasti, keberadaan asuransi sangat penting untuk perlindungan di masa mendatang. Mengapa demikian? Ini karena asuransi mempunyai banyak manfaat yang sangat menguntungkan.

Apa Itu Asuransi?

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang asuransi, namun tahukah Anda apa itu asuransi? Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian dua belah pihak antara penyedia jasa layanan asuransi dan pemegang polis. Di mana pemegang polis diwajibkan membayar sejumlah uang (premi) untuk penggantian atas resiko kerugian, kerusakan/ sakit, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan. Yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tidak terduga.

Sederhananya, perusahaan penyedia jasa asuransi akan memberikan ganti rugi kepada orang yang mengalami kerugian, dalam hal ini ialah pemegang polis. Sementara dari segi ekonomi, asuransi berarti pengumpulan dana yang bisa digunakan untuk menutup atau mengganti kerugian orang yang mendapat rugi.

Jadi, ketika peserta asuransi atau pemegang polis sebagai yang tertanggung mengalami musibah atau mendapatkan kerugian yang tercantum dalam perjanjian kontrak, maka Ia berhak untuk mengajukan klaim asuransi. Asuransi sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan sesuai dengan fokus dan resiko yang ditanggung.

Manfaat Asuransi Bagi Masa Depan

Dalam kehidupan, segala macam resiko dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa diprediksi. Berbagai resiko ini semuanya mengarah pada satu ancaman, yakni mengurangi bahkan menghilangkan kemampuan finansial seseorang. Di sinilah peran penting dan manfaat asuransi untuk masa depan dapat Anda rasakan. Nah, berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mendaftar asuransi:

  1. Melindungi Diri Dari Peristiwa Tak Terduga

Selama Anda memiliki asuransi maka selama itu pula Anda akan mendapatkan perlindungan dari risiko peristiwa tidak terduga. Dalam arti, jika Anda sakit atau bahkan meninggal dunia, dan mendapat musibah lainnya, maka pihak asuransi yang akan membayar biayanya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda dan keluarga agar dapat hidup lebih nyaman.

  1. Membantu Mengelola Keuangan

Ketika mengikuti asuransi, Anda diharuskan menyisihkan uang untuk membayar premi setiap bulannya. Kondisi ini lama-lama akan membuat Anda disiplin dapat mengatur uang. Secara tidak langsung Anda sebenarnya dipaksa menyediakan dana cadangan untuk kejadian tidak terduga. Ketika hal itu benar-benar terjadi, maka asuransi akan meringankan pengeluaran Anda.

  1. Untuk Melindungi Keluarga dari Kesulitan Finansial

Bagi Anda yang merupakan tulang punggung keluarga, manfaat asuransi dalam melindungi finansial keluarga menjadi sangatlah penting. Ketika Anda sakit atau meninggal dunia, maka asuransi dapat memberikan uang pertanggungan. Jadi dengan Anda memiliki asuransi jiwa, maka ahli waris akan tetap mempunyai sumber dana untuk mencukupi kebutuhan demi bertahan hidup.

  1. Memberikan Ketenangan

Dengan asuransi Anda bisa lebih tenang dalam mengatur keuangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan pengeluaran tidak terduga. Kita memang tidak mengetahui peristiwa yang mungkin terjadi di keesokan hari. Namun dengan asuransi, Anda akan lebih siap menghadapi resiko kerugian yang terjadi sehingga tidak khawatir terbebani dan bisa mewujudkan rencana masa depan dengan rileks.

  1. Sebagai Tabungan dan Investasi

Jika selama ini Anda berpikir bahwa asuransi hanya membuang-buang uang, maka Anda salah besar. Pada beberapa produk asuransi tertentu, dana dapat dikembalikan pada peserta asuransi di akhir kontrak sesuai dengan perjanjian. Biasanya akan ada 3 pilihan waktu masa pertanggungan, yakni 5, 7 dan 10 tahun. Ha ini tentu bisa Anda jadikan sebagai tabungan di masa tua nantinya.

  1. Perlindungan Aset

Asuransi tidak hanya memberikan perlindungan pada diri dan keluarga, tetapi juga pada aset yang Anda miliki. Untuk melindungi aset dari resiko kerusakan atau hilang, maka aset harus diasuransikan. Jadi saat resiko itu terjadi, sudah ada uang pertanggungan yang akan memperkecil kerugian.

  1. Meminimalkan Kerugian

Besar kerugian yang diakibatkan oleh kejadian tidak terduga sangat bervariasi. Anda bisa saja menguras habis tabungan atau bahkan harus mencari pinjaman. Namun dengan asuransi, Anda dapat meminimalkan kerugian dari musibah yang tidak diinginkan tersebut. Misal jika Anda mengalami kecelakaan, biaya untuk pengobatan akan lebih ringan dengan asuransi.

Apa Bedanya Asuransi Dengan Jaminan Sosial Lain?

Setelah mengetahui berbagai manfaat asuransi, apakah kini Anda juga tertarik membeli asuransi? Jika iya, Anda bisa membelinya dengan mudah di Futuready.com secara online. Dan untuk semakin meyakinkan Anda, perhatikan perbedaan antara asuransi dengan jaminan sosial lainnya berikut ini:

  1. Asuransi akan memberi banyak manfaat lebih dari kebutuhan dasar, sedangkan jaminan sosial hanya diperlukan untuk menjamin kebutuhan dasar hidup.
  2. Asuransi umumnya hanya melindungi resiko tertentu karena dibatasi oleh nilai premi yang dibayarkan. Sementara jaminan sosial biasanya tidak ada batasan perlindungan, selama sesuai dengan prosedur yang diterapkan. Misalnya ketika Anda sakit, asuransi kesehatan mungkin tidak akan menanggung jenis penyakit tertentu. Berbeda dengan jaminan sosial yang sakit apapun akan ditanggung.
  3. Asuransi memiliki lingkup wilayah yang lebih luas dibandingkan jaminan sosial. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang sakit di luar negeri juga bisa ditanggung jika memiliki jaringan internasional.
  4. Satu orang peserta asuransi bisa membeli beragam asuransi dari berbagai jasa layanan asuransi. Sedangkan jaminan sosial ketentuannya satu orang atau setiap warga negara hanya bisa memiliki satu jaminan sosial.

Demikianlah ulasan mengenai asuransi terkait pengertian dan manfaatnya bagi masa depan. Jika ditarik kesimpulan secara garis besar, asuransi memiliki peran penting yang berguna untuk melancarkan rencana masa depan Anda.