Tren Mahasiswa Bekerja Part Time, Sebagai Driver Ojek Online Belajar sambil Bekerja

Yusril, pengemudi Maxim yang merupakan salah satu mahasiswa, belajar sambil bekerja tambahan.
Yusril, pengemudi Maxim yang merupakan salah satu mahasiswa, belajar sambil bekerja tambahan.

PANDEGLANG, Pelitabanten.com– Bekerja part-time bukanlah hal yang baru di kalangan mahasiswa, kebutuhan yang meningkat dan keinginan untuk hidup mandiri menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk melakukan kerja part-time. Terlebih di era kemajuan teknologi saat ini, kesempatan tersebut sangat banyak dengan berbagai pilihan profesi yang sekiranya cocok untuk dilakukan. Dari berbagai pilihan tersebut, salah satunya adalah menjadi driver ojek online.

Maxim sebagai salah satu aplikator transportasi online terbesar di Indonesia memberikan kesempatan tersebut bagi siapa saja, termasuk mahasiswa. Dengan berbagai keuntungan – salah satunya adalah waktu yang fleksibel, mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari uang tambahan tanpa mengganggu waktu belajarnya.

Salah satunya adalah Muhammad Yusril, mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara di STISIP Banten Raya. Yusril merupakan penerima beasiswa pendidikan dari pemerintah yang telah tergabung menjadi mitra driver Maxim di kota Pandeglang sejak tahun 2023.

Waktu kerja yang fleksibel meyakinkan Yusril untuk mendaftar di Maxim. “Awalnya saya berfikir, pekerjaan apa yang fleksibel dan tidak mengganggu waktu kuliah saya. Setelah mencari-cari info, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar sebagai driver Maxim. Alhamdulillah waktu luang saya terpakai untuk hal-hal yang produktif,” ujarnya pada Pelitabanten, Rabu (10/07/2024).

Yusril menjelaskan, waktu bekerja yang ia pilih dengan Maxim sama sekali tidak mengganggu waktu perkuliahannya. “Saya mulai mencari pelanggan di atas pukul 15.00 setelah waktu perkuliahan saya selesai. Saya biasa narik paling lama sampai pukul 23.00, kalau hari libur saya narik dari pagi sampai malam,” ungkapnya.

Selain itu, Yusril mengaku pendapatannya di Maxim sangat membantunya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

“Alhamdulillah semenjak bergabung dengan Maxim saya tidak hanya dapat membantu memenuhi kebutuhan saya saja, namun juga kebutuhan keluarga saya,” katanya.

“Saya juga sangat berterima kasih kepada Maxim yang sudah menerima saya sebagai driver. Di awal saya dan keluarga sangat membutuhkan biaya. Alhamdulillah setelah 1 bulan menjalani profesi sebagai mitra driver Maxim, pendapatan yang saya dapatkan bisa membantu perekonomian saya dan keluarga,” tuturnya.

Development Director Maxim Indonesia (DDMI), Dirhamsyah juga menyampaikan bahwa fleksibilitas Maxim menjadikannya sebagai platform yang dapat merangkul semua kalangan. “Kami sangat terbuka kepada siapa saja yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra pengemudi. Karena pada dasarnya Maxim adalah platform transportasi online yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mencari pendapatan tambahan,” ujar Dirham.

“Yusril adalah satu dari ribuan mahasiswa di lebih dari 250 kota di Indonesia yang bergabung menjadi mitra driver Maxim. Mahasiswa-mahasiswa ini bekerja part-time selama 5-6 jam di waktu senggang mereka untuk mencari pendapatan tambahan. Selain layanan ojek online, mereka juga bekerja mengantarkan barang melalui jasa pengiriman,” tutup Dirham. (MIR)