Tingtkan Usaha KSM, Universitas Cendekia Abditama Gelar Pelatihan Vokasional BDC 

Tingtkan Usaha KSM, Universitas Cendekia Abditama Gelar Pelatihan Vokasional BDC
Kegiatan Pelatihan Vokasional BUSINESS DEVELOPMENT CENTER (BDC) Kabupaten Tangerang.(Dok Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com – Sebagai wujud Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama (FEBI UCA) bekerja sama dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Banten menggelar Pelatihan Vokasional BUSINESS DEVELOPMENT CENTER (BDC) Kabupaten Tangerang.

Kegiatan itu digelar secara marathon selama 4 hari yang dimulai pada Rabu (31/8/22) sampai dengan 3 September 2022, bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Cendekia Abditama Kelapa Dua, kabupaten Tangerang.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah, Drs. H. Yusuf Herawan dalam sambutannya menjelaskan, Pelatihan Vokasional BDC Kabupaten Tangerang merupakan kegiatan untuk memberikan penguatan kepada Komite BDC dan pengelola BDC serta meningkatkan usaha bagi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), yaitu berupa penguatan dan peningkatan kapasitas, manajerial Bisnis dan pengelolaan usaha,dan bagi KSM harapannya adalah dapat eksis dan bersaing dengan pelaku usaha dalam era digital

“Ya, kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari berturut turut, sebagai peserta dalam kegiatan tersebut adalah para pengelola dan Komite BDC dan juga para Pelaku UMKM dari berbagai Kelompok Swadaya Masyarakat binaan BDC Kabupaten Tangerang,” ungkapnya, dikutip Jum’at (2/9/22).

Yusuf menguraikan, dalam kegiatan itu para peserta terdiri dari pelaku UMKM Binaan Business Development Center (BDC) akan dilatih 4 modul penting dalam pengelolaan Bisnis yakni Manajemen Usaha, Digital Marketing, Desain Inovasi Produk, dan Aspek legalitas UMKM serta penguatan pada aspek tata Kelola dan program strategis Komite dan Pengelola BDC.

“Sebagai instruktur dalam kegiatan ini adalah para akademisi dari FEBI UCA dan juga unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta dari perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Banten juga Komite dan Pengelola BDC,” bebernya.

Dalam kesempatan lain, Perwakilan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Banten, Aulia menyatakan bahwa, melalui kegiatan pelatihan tersebut dapat meningkatkan penghasilan masyarakat yang memiliki usaha yang terhimpun dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang selama ini di didampingi dan di medisi usahanya oleh Pemerintah daerah melalui Business Develompent Center (BDC) yang dapat mengkoneksikan antara pengrajin, kelompok usaha kepada konsemen sehingga BDC dapat menjadi simpul jaringan usaha dan sarana pengembangan dalam KSM yang mencakup pemasaran, produksi, Sumber Daya Manusia, pembiayaan serta menjadi penghubung usaha dalam pengembangan ekonomi lokal.

“Serta mewujudkan jejaring usaha antara kelompok masyarakat dengan dunia usaha dan kelompok peduli (stakeholders) lainnya. Dan pada kegiatan kali ini peserta yang hadir berjumlah 150 orang dari berbagai desa dan kelurahan yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Tangerang,” tukasnya.

Dalam acara tersebut juga tersedia Bazzar produk UMKM Binaan BDC (Business Development Center) yang terdiri dari produk makanan ringan seperti Stik Mangrove, Kacang Mangrove, Rengginang, Basreng, produk minuman seperti Minuman Jamu Jahe Maskot dan produk lainnya seperti Anyaman Bambu, Tas, Alas Sepatu, Handycraft dan lainnya. Kata Sugi selaku perwakilan BAPPEDA Kabupaten Tangerang bahwa “Bazzar produk UMKM ini merupakan sarana dalam memperkenalkan produk dan menambah penghasilan bagi pelaku UMKM selain mengikuti pelatihan di FEBI Universitas Cendekia Abditama”

Didalam acara pelatihan juga di hadiri oleh berbagai narasumber dari beberapa dinas terkait serta jajaran kampus diantaranya, H. Yusuf Irawan ASDA II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Banten Yoza Habibi, ST, MT dan Yayat Wihadi, ST, Perwakilan BAPPEDA, Sugi Suryagalih, Rektor Universitas Cendekia Abditama Dr.Muhammad Subali, ST, MT (Kampus UCA), Dr. Sunardi (Dekan FEBI) serta jajaran pimpinan kampus lainnya. (Hru)