Sekda Lebak Minta Agar Pengelola Medsos OPD Sajikan Informasi Akurat

Sekda Lebak bersama Dinas KominfoSP Lebak.
Sekda Lebak bersama Dinas KominfoSP Lebak.

LEBAK, Pelitabanten.com– Sekertaris daerah Kabupaten Lebak, Budi Santoso meminta agar pengelola media sosial di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah daerah untuk memberikan informasi yang akurat dan menarik. Selain itu, semua perangkat daerah juga harus aktif melaporkan semua kegiatan hariannya di masing-masing media sosialnya, guna memberikan edukasi dan pemberitahuan kepada masyarakat.

“Saya berharap agar seluruh tenaga kehumasan di setiap organisasi perangkat daerah, untuk aktif melaporkan semua kegiatan di setiap akun media sosialnya. Dengan begitu, masyarakat mengetahui kinerja pegawai,” kata Budi Santoso, dihadapan peserta kegiatan bimbingan teknis Jurnalistik Media Digital bagi kehumasan perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemkab Lebak, pada Jumat (5/07/2024).

Untuk itu kata Budi, agar media sosial milik organisasi perangkat daerah dapat menarik minat baca masyarakat. Maka dalam segi kemasan dan tampilan juga harus menarik, sehingga masyarakat tertarik untuk membaca berita yang berisikan kegiatan di organisasi perangkat daerah.

Oleh karena itu kata Budi, kegiatan bimbingan teknis Jurnalistik media digital yang digagas DiskominfoSP Lebak ini sangat tepat. Terlebih menghadirkan narasumber yang memiliki kemampuan serta kapasitas di bidangnya, seperti Direktur Umum PT Fajar Pikiran Rakyat, Rachmat Ginandjar, Wartawan Radar Banten, Mastur Huda dan lain lain.

“Saya rasa kegiatan ini sangat tepat bagi kehumasan di setiap OPD. Karena menghadirkan narasumber yang memiliki keahlian khusus di bidangnya,” ucap Budi.

Pada bagian lain, Budi mengungkapkan pertumbuhan media baru seperti hadirnya content creator dan influencer membuat humas pemerintah perlu mengubah cara publikasi dari yang sebelumnya formal menjadi lebih ringan namun tidak menghilangkan poin-poin penting isu strategis yang ingin disampaikan.

“Harus menyesuaikan perkembangan zaman, kemasan berita apalagi di medsos saat ini jangan terlalu formal. Karena warga tidak tertarik untuk membacanya, tapi kemasan dengan lebih santai dan kreatif,” tutur Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas KominfoSP, Anik Sakinah dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi pada pengelolaan media komunikasi di instansi. Pengelolaan media komunikasi yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada kinerja pemerintah daerah, tuturnya. (MIR)