Pelatihan Budidaya Ikan, Diskan Dorong Warga Bersaing di Industrialisasi Perikanan

Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan di Cafe 99 Kronjo dan diikut sertakan oleh 30 perwakilan, Foto. (Istimewa)
Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan di Cafe 99 Kronjo dan diikut sertakan oleh 30 perwakilan, Foto. (Istimewa)
ADVERTISEMENT

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tangerang melalui UPTD Perikanan Budidaya Air Tawar dan Air Payau (PBATAP) menggelar pelatihan budidaya ikan air payau bagi Kelompok pembudidaya ikan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan di Cafe 99 Kronjo dan diikut sertakan oleh 30 perwakilan kelompok budidaya ikan dari 2 desa di Kecamatan Kronjo yakni desa Pagedangan Ilir dan desa Pagedangan Udik.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang, Jaenudin, mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi daya saing dalam bidang perikanan untuk bersaing dalam industrialisasi perikanan yang ada di Wilayah Kabupaten Tangerang yang memiliki potensi dari bidang perikanan khususnya Udang Vanamei.

ADVERTISEMENT

“Saya berharap para peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik, semoga setelah pelatihan ini para pembudidaya ikan mendapat tambahan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat bersaing dalam bidang industriliasi perikanan,” ujar Jaenudin.

Turut hadir narasumber dari Dinas Perikanan Syahril S. PiĀ  dan Khaeruddin S.Tr. Pi pada acara tersebut. Mereka menjelaskan verifier SNI cara budidaya ikan yang baik untuk Udang dimulai dari penentuan lokasi, mutu air sumber, desain dan tata letak, peralatan yang digunakan, konstruksi dan persiapan tambak, jenis benih udang yang digunakan, pakan, obat ikan, kebersihan dan fasilitas tambak, serta bagaimana proses panen dan pasca panen hingga pendokumentasiannya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pembudidayaan ikan air payau bisa teranalisis oleh pembudidaya sehinggan industrial perikanan bisa berjalan dengan lancar dan membuat perekonomian masyarakat semakin terbantu.

ADVERTISEMENT