Lansia Prioritas Penerima, Vaksinasi Booster Perdana Digelar di Kota Tangerang

Lansia Prioritas Penerima, Vaksinasi Booster Perdana Digelar di Kota Tangerang
Lansia Penerima Vaksinasi Booster Perdana di Kota Tangerang. Rabu, (12/1). Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Berdasarkan data, Pencapaian vaksinasi dosis satu di Kota Tangerang sudah mencapai 104,6 persen dan dosis dua sudah 73,1 persen.

Maka, Dinas () Kota Tangerang secara resmi diperbolehkan menggelar vaksinasi .

Vaksinasi perdana digelar di Puskesmas Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Rabu (12/1/2022). dengan Prioritas Penerima Vaksin atau Booster adalah para lansia.

Kepala Dinkes, mengungkapkan mulai hari ini vaksinasi booster sudah bisa digelar. sasaran berdasarkan data per 11 Juli 2021, lansia yang sudah dosis lengkap ialah 40 ribu lansia.

Pasalnya, interval jarak dari dosis kedua minimal enam bulan. Saat ini, Dinkes memiliki stok vaksin 506 vial Pfizer yang dapat digunakan sebagai booster.

“Jika dosis satu dosis dua Sinovac maka boosternya bisa Pfizer dan Astrazeneca. Jika vaksin dosis satu Astrazeneca dan dosis dua Astrazeneca maka boosternya . Dengan ketersediaan yang ada yaitu Pfizer, maka kita akan luluskan skrining lansia yang vaksinnya Sinovac Sinovac,” papar dr Dini.

Ia pun menjelaskan, Puskesmas Panunggangan Barat menjadi perdana, selanjutnya dapat digelar di 38 Puskesmas, dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin dan prioritas adalah kategori lansia (di atas 60 tahun) Namun dipastikan, vaksinasi booster dapat diterima seluruh masyarakat Kota Tangerang dengan gratis atau tidak berbayar.

“Puskesmas membutuhkan lebih dulu, tapi pastinya lansia bisa langsung datang ke Puskesmas untuk menerima vaksin booster ini. Kita yang muda-muda atau dibawah 60 tahun, diharapkan lebih bersabar. Kita dahulukan orang tua kita, jaga prokes sambil menunggu ketersediaan vaksin dan aplikasi PCare yang terbuka untuk usia dibawah 60,” katanya.

Sementara itu, Heriyadi, warga Cibodas mengaku antusias mengikuti vaksinasi booster. Ia pun mengaku, dapat informasi pelaksanaan vaksinasi booster dari tempatnya tinggal.

“Saya semangat, pas tau infonya tadi pagi saya langsung datang. Alhamdulillah tidak ada rasa-rasa yang bagaimana mana, sejauh ini aman. Sekarang saya merasa lebih confidence (percaya diri-red) dalam melakukan aktivitas sehari-sehari,” ungkap Heriyadi.