Kunjungan Komisi VIII DPR RI Bersama Kemensos RI ke Lebak, Berikan Bantuan Atensi

Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Kabupaten Lebak pada Kamis (07/07/2022).
Kunjungan Komisi VIII DPR RI ke Kabupaten Lebak pada Kamis (07/07/2022).

LEBAK, Pelitabanten.com– Legislator Moch Hasbi Asyidiki Jayabaya selaku anggota Komisi VIII DPR RI yang juga Fraksi PDI Perjuangan bersama Kementerian Sosial Republik Indonesia sebagai mitra komisi VIII berikan bantuan Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) di Kabupaten Lebak, pada Kamis (07/07/2022), di Aula Pendopo Bupati Lebak.

Hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi VIII DPR RI, Iyan Kusmadiyana Direktur Bencana Alam Kemensos RI, Sari Rumayanti Kepala Balai Galih Pakuan Bogor Kemensos RI, Yadi Kabag PP Limjamsos Kemensos RI, Harapan Ali Bernadus Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BPNB, Unsur Dinsos dan BPBD Provinsi Banten dan Unsur Dinsos, Pekerja Sosial dan BPBD Kabupaten Lebak.

Bantuan Atensi berupa kursi roda, walker kaki, tongkat kruk, alat bantu dengar, kereta dorong anak, nutrisi, motor roda tiga, kewirausahaan, dan lainnya kepada para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

“Usulan ini berawal dari bawah yang disampaikan ke Rumah Aspirasi MHJB dan sebagai tindaklanjut dari usulan tersebut maka saya mengajak Kementerian Sosial Republik Indonesia selaku mitra Komisi VIII DPR RI untuk merealisasikan program Atensi tersebut,” ujar Moch Hasbi Asyidiki Jayabaya kepada Pelitabanten.com.

Selain bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), dalam rangka kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana, Komisi VIII DPR RI dan Kemensos RI juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Daerah Lebak untuk pengadaan fasilitas lumbung sosial sebanyak 2 lokasi atau titik di Kecamatan Wanasalam dan Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, dari 6 lokasi atau titik yang direncanakan.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Ketua Tim Kunjungan Komisi VIII DPR RI Moch Hasbi Asyidiki Jayabaya.

Ketua Rombongan Komisi VIII DPR RI Moch Hasbi Asyidiki Jayabaya beserta anggota Komisi VIII DPR RI dan Pemkab Lebak dalam pertemuan tersebut menjelaskan kunjungan kerja DPR RI kali ini guna membahas terkait program penanggulangan bencana dan kesejahteraan sosial di Lebak yang masih membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat baik dari segi penguatan lembaga serta dukungan sarana dan prasarana.

“Harapan kami pemerintah pusat dapat melihat langsung Kabupaten Lebak yang secara statistik dan data tidak lagi menjadi kabupaten tertinggal, tetapi masih banyak masyarakat di Lebak yang belum tersentuh oleh pemerintah, mengingat luasnya wilayah kabupaten Lebak dimana Lebak merupakan wilayah terluas di Provinsi Banten,” ungkapnya.

Sementara itu Wabup Lebak, H. Ade Sumardi, menyambut baik dan mengapresiasi atas perhatian Komisi VIII DPR RI dan juga Kementerian terkait terhadap kondisi wilayah Lebak yang rentan akan bencana dimana menurut Wabup, dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki Pemkab Lebak dalam menangani dan menanggulangi bencana dan kesejahteraan masyarakat, tentunya belum mampu memenuhi harapan masyarakat.

Untuk itu menurut Wabup dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah pusat dan pihak lainnya untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Lebak, mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Komisi VIII dan Kementerian terkait yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Lebak,” pungkasnya. (MIR)

Pemerhati Masyarakat, Pemerhati Kebijakan Publik @kpmipb46, FEMA-IPB, Undergraduate of IPB, Postgraduate of UNTIRTA. @MAP UNTIRTA. Passionate about Writer & Entrepreneur.