KPUM: Tingkat Partisipasi Leg 1 Pemilih Pemira Capresma dan Cawapresma STISIP Banten Raya Tembus 73 Persen

KPUM: Tingkat Partisipasi Leg 1 Pemilih Pemira Capresma dan Cawapresma STISIP Banten Raya Tembus 73 Persen
Pemilihan Presma dan Wapresma STISIP Banten Raya tembus diangka 73 persen tingkat partisipasinya, pada Kamis (30/05/2024).

PANDEGLANG, Pelitabanten.com– Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya menggelar Pemilihan Umum Mahasiswa Raya Calon Presiden Mahasiswa (Capresma) dan Wakil Presiden Mahasiswa (Cawapresma) periode Tahun 2024-2025 yang dilaksanakan pada Hari Kamis (30/05/2024).

Nurhayati, Ketua KPUM STISIP Banten Raya menjelaskan bahwa proses pemilihan ini menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Memberikan kebebasan bagi individu mahasiswa sebagai warga negara untuk dapat aktif berpartisipasi di dalam pemilihan calon pemimpin di wilayah Kampus STISIP Banten Raya.

“Hasil dari demokrasi ini untuk mencari Pemimpin yang terbaik dalam memimpin sebagai Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa di STISIP Banten Raya. Dari Mahasiswa, Oleh Mahasiswa, Untuk Mahasiswa kemajuan ke depan itu dirasakan di wilayah Kampus STISIP Banten Raya,” ungkapnya.

Aditya Muhamad, Sekretaris KPUM menjelaskan bahwa proses pemilihan ini ada tiga Leg, Leg Pertama untuk kelas Reguler, Leg kedua untuk kelas non reguler, dan Leg ketiga untuk kelas jauh.

“Daftar Pemilih Tetap Mahasiswa (DPTM) di leg pertama sebanyak 200 pemilih. Ada sebanyak 146 Pemilih yang mencoblos dan sisanya Leg 1 diikutsertakan di Leg 2 bagi yang belum memcoblos. Apabila di Leg 2 tidak hadir maka dinyatakan golput. Sebab pemilihan akan berlangsung hingga hari Minggu (02/06) dan di tutup di pencoblosan di leg 3,” jelasnya.

Aditya Muhamad menjelaskan tingkat partisipasi hari ini jika dibagi bilangan DPT dengan pemilih, maka ada diangka sebanyak 73 persen tingkat partisipasi pemilih.

“Alhamdulillah, adanya demokrasi ini menjadi nilai gairah keterlibatan mahasiswa dalam menjalankan proses demokrasi untuk menentukan Pemimpin yang terbaik pada Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa,” pungkasnya. (MIR)