Kecamatan Mauk Perdana Gelar Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran, Ini Deretan Juaranya

Kecamatan Mauk Perdana Gelar Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran, Ini Deretan Juaranya
Camat Mauk Khalid Mawardi saat membuka Festival Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran, di Halaman Kantor Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Foto. (Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG,Pelitabanten.com-Desa Tegal Kunir Kidul, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, menjadi juara pertama dalam ajang Festival Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran 2024, yang diselenggarakan di halaman kantor kecamatan setempat, Selasa (9/4/2024) malam.

Tim Desa Tegal Kunir Kidul pun berhak atas piala bergilir Festival Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran, yang perdana digelar di tingkat Kecamatan Mauk.

Penyerahan piala langsung diberikan oleh Camat Mauk Khalid Mawardi kepada para juara Festival Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran.

Berikut daftar juara Festival Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran 2024 Kecamatan Mauk :

• Juara 1 Desa Tegal Kunir Kidul dengan memperoleh nilai 119 poin.

• Juara 2 Desa Tegal Kunir Lor dengan perolehan nilai 118 poin.

• Juara 3 Desa Ketapang dengan perolehan nilai 117 poin.

Camat Mauk Khalid Mawardi mengatakan, dengan melaksanakan tabuh bedug dan takbiran pada malam takbiran, adalah wujud syukur atas kemenangan setelah sebulan berpuasa pada bulan suci Ramadan.

“Artinya, malam ini, kita sama-sama merayakan hari kemenangan kita bersama, kita sama-sama mengumandangkan takbir pada malam ini,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Festival Lomba Tabuh Bedug dan Takbiran Kecamatan Mauk Wardi menambahkan, lomba tabuh bedug dan takbiran diikuti oleh 13 tim atau peserta.

“Yakni, 11 tim dari 11 desa di Kecamatan Mauk. 1 tim dari Kelurahan Mauk Timur dan 1 tim dari pegawai Kecamatan Mauk yang mewakili Muspika Mauk,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Wardi, 1 tim terdiri dari 5 orang dengan ketentuan 3 orang penabuh bedug dan 2 orang pelantun takbiran. Kriteria penilaian meliputi, keseragaman kostum, keserasian vokal dengan suara bedug, artikulasi improvisasi vokal, aksi atau penguasaan di atas panggung dan ketepatan durasi.