Kado Terindah Distan HUT RI Ke 77 di Pandeglang, Zero Case PMK

Satuan Tugas PMK saat cek ternak di Kabupaten Pandeglang.
Satuan Tugas PMK saat cek ternak di Kabupaten Pandeglang.

PANDEGLANG, Pelitabanten.com– Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang secara masif dan bahu membahu melakukan pengendalian dan penanganan PMK pada ternak sapi, kerbau, kambing dan domba di Kabupaten Pandeglang telah melakukan langkah-langkah nyata dalam menekan, mengendalikan dan menangani PMK, pada Selasa (16/08/2022).

Hal itu disampaikan oleh Drs. H.Taufik Hidayat, M.Si selaku Ketua Satuan Tugas PMK, bahwa pada sampai hari ini Selasa tgl 16 Agustus 2022 tidak ada kasus PMK yg ditemui di Wilayah Kabupaten Pandeglang.

“Diketahui terdapat 28 ekor ternak sapi dan kerbau tertular PMK, observasi intensif dilakukan dengan peningkatan biosecurity, pemberian vitamin antibiotik dan herbal dan pada akhir Juli 2022 kasus teratasi dengan 23 ekor sembuh dan 5 ekor dipotong,” ujarnya.

Dr. Nasir, SP., MBA., MP., Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Pandeglang menjelaskan bahwa sejak pertengahan Juli hingga hari ini beberapa langkah konkrit penanganan PMK seperti peningkatan biosecurity, peningkatan imun tubuh ternak, vaksinasi oleh tim medik paramedik veteriner, serta terus memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada peternak dan masyarakat luas tentang wabah PMK terus dilakukan.

“Kerjasama yang baik antar dinas terkait, TNI Polri, Pihak Kecamatan dan PPL di lapangan berhasil menekan penyebaran PMK antar kecamatan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa berdasarkan ATAP 2021 data populasi ternak rentan sebanyak 448.736 ekor, terdiri dari 926 ekor Sapi, 13.400 ekor kerbau, 225.410 ekor kambing dan 209.000 ekor domba. Ini harus aman, lalu lintas ternak terutama pembelian ternak dari luar Pandeglang harus terawasi, terdata.

“Vaksinasi PMK 400 dosis sudah terlaksana, 200 dosis untuk 100 e dosis 1 dan 2, sementara 200 dosis 1 untuk periode kedua ini,” jelasnya.

Dr. Nasir juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pandeglang mendukung upaya yang dilakukan oleh DPKP Kabupaten Pandeglang yang membidangi fungsi peternakan dalam menjaga agar kasus PMK dapat ditekan bahkan zero sampai akhir tahun 2022.

“Dalam waktu dekat Satgas Penanganan PMK akan menetapkan Petugas penanda dan pendata ternak dari unsur Dinas terkait, PPL, TNI POLRI sehingga nanti data ternak rentan terdata dan memudahkan dalam pencatatan/ barcode yang akan dipasang di telinga ternak/ eartag, seperti halnya peduli lindungi pada kasus covid 19,” pungkasnya. (MIR)

Pemerhati Masyarakat, Pemerhati Kebijakan Publik @kpmipb46, FEMA-IPB, Undergraduate of IPB, Postgraduate of UNTIRTA. @MAP UNTIRTA. Passionate about Writer & Entrepreneur.