Gelar Rapat Kerja Nasional, ICMI Usung Komitmen Penguatan SDM Unggul

Gelar Rapat Kerja Nasional, ICMI Usung Komitmen Penguatan SDM Unggul
Rapat kerja nasional pengurus pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI),Foto Pelitabanten.com.(dok ist)

JAKARTA, Pelitabanten.com  — Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) berkomitmen terus menguatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia menjadi semakin unggul.

Hal itu mengemuka dalam Rapat Pimpinan dan Majelis Pengurus Pusat Tahun 2023 ICMI yang dihelat di Jakarta, Sabtu, (21/01/2023).

Organisasi cendekiawan yang diinisiasi BJ Habibie ini semakin kokoh menjadi organisasi yang mengawal pengembangan pengetahuan teknologi di Indonesia.

“ICMI tahun ini mengusung penguatan ekosistem SDM unggul, ini sebagai langkah awal untuk membangun masyarajat berdaya unggul, mendorong kesejahteraan masyarakat melalui inovasi-inovasi intelektual hingga ke desa-desa,” ungkap Ketua Umum ICMI Prof. Arif Satria.

Sebelumnya, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut menyampaikan lima misi ICMI di bawah kepemimpinannya hingga 2026 mendatang, yakni 5K yang terdiri dari kualitas iman, kualitas pikir, kualitas kerja, kualitas karya, dan kualitas hidup.

Ciri 5K ini dapat menjadi modal penting bagi proses transformasi untuk penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah laju perubahan dunia. ICMI pun, menurutnya, harus mampu merespon perubahan dan bahkan menjadi penentu kecenderungan perubahan.

Bahkan, penguatan SDM unggul itu harus dimulai di level akar rumput, terutama masyarakat pedesaan.

“Masyarakat desa harus menjadi energi UCMI untuk menjadi jembatan bagi kemanfaatan pengetahuan yang dapat dirasakan oleh masyarakat, itulah sebabnya  salah satu program ICMI yaitu membangun desa,” pungkasnya. (Rilis)