Dinkes Kabupaten Tangerang Berikan Vitamin A ke Semua Balita Untuk Menekan Angka Stunting

Dinkes Kabupaten Tangerang Berikan Vitamin A ke Semua Balita Untuk Menekan Angka Stunting
Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Berikan Vitamin A ke Semua Balita Untuk Menekan Angka Stunting, Foto Pelitabanten.com.(dok)

KABUPATEN TANGERANG,Pelitabanten.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berupaya menekan angka stunting di Kabupaten Tangerang. Salah satunya dengan memberikan vitamin A kepada balita.

Untuk mencegah kekurangan vitamin A pada balita, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Pencanangan Pemberian Vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita Tingkat Kabupaten Tangerang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Posyandu Aster, Desa Saga, Kecamatan Balaraja dan bekerja sama dengan para kader posyandu setempat dengan menargetkan anak usia 6-11 bulan dan anak usia 12-59 bulan.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr. Faridzi Fikri berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah terjadinya kasus stunting pada balita di Kabupaten Tangerang.

“Melalui kegiatan ini, kami berharapan kedepannya angka stunting di Kabupaten Tangerang dapat menurun, sehingga anak-anak dapat mengalami tumbuh kembang yang baik dan normal dan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas,” tuturnya, kamis. 09/02/23.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Balaraja, dr. Ai Siti Zakiah mengatakan sebanyak 76 anak tercatat telah menerima pemberian vitamin A. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penimbangan berat badan serta pengukuran tinggi atau panjang badan pada balita.

“Ada dua macam kapsul yang diberikan yaitu kapsul biru untuk bayi usia 6-11 bulan dengan dosis 100.000 IU, serta kapsul merah untuk anak usia 12-59 bulan dengan dosis 200.000 IU,” katanya.

Diketahui, pemberian vitamin ini sangat membantu menciptakan kekebalan tubuh pada anak agar terhindar dari penyakit infeksi, seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), campak dan juga diare.

Selain itu, Puskesmas Balaraja juga menyediakan pemberian imunisasi dasar pada balita. Hal tersebut berguna untuk mencegah meningkatkan imun sehingga dapat mencegah risiko anak rentan terkena berbagai penyakit infeksi menular.