Diapresiasi, PMI Kota Tangerang Vaksin 1.561 Warga Dalam Sepekan

Diapresiasi, PMI Kota Tangerang Vaksin 1.561 Warga Dalam Sepekan
VAKSINASI DI MARKAS: Petugas Kesehatan PMI Kota Tangerang menyuntikan vaksin kepada salah seorang warga. Foto Pelitabanten.com (Istimewa)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang membuka banyak gerai vaksin. Ini untuk mempercepat tercapainya Herd Immunity di Kota Tangerang, yakni 70 persen penduduk harus sudah divaksin Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Markas PMI Kota Tangerang membuka gerai vaksin, pada 13-20 Oktober lalu. dari total 1.694 warga yang mendaftar yang memenuhi syarat dan mendapatkan vaksin 1.561 warga. Mereka mendapatkan vaksin untuk dosis 1 maupun 2.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengatakan gerai vaksin yang digelar PMI Kota Tangerang sangat membantu pemerintah dalam upaya melindungi warga dari virus Corona.

Ia berharap semakin banyak elemen masyarakat dan swasta yang bersedia membuka gerai vaksin di kota Tangerang.

“Terima kasih teman-teman PMI Kota Tangerang yang sudah membuka gerai vaksin dan ternyata warga sangat antusias datang ke markas PMI untuk vaksin. Ini sangat membantu pemerintah kota Tangerang dalam mempercepat tercapainya kekebalan kelompok dan melindungi warga dari paparan virus Corona,” jelasnya.

Sementara, Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengatakan, PMI sebagai organisasi kemanusiaan akan selalu berada di garda terdepan saat ada bencana.

Menurutnya, pandemi Covid adalah bencana nasional. Untuk itu relawan dan tenaga kesehatan PMI Kota Tangerang selalu siap. Khusus untuk vaksinasi, Oman menjelaskan PMI Kota Tangerang memiliki tenaga terdidik dan terlatih.

“Sebelum diterjunkan untuk ikut menyuntik vaksin, tenaga kesehatan kami sudah mengikuti pelatihan cara menyuntikkan vaksin. Mereka mendapatkan sertifikat sebagai vaksinator dari Kemenkes,” jelasnya.

Dengan sertifikat itu, tenaga kesehatan PMI Kota Tangerang sudah memenuhi syarat dan standar untuk menyuntikkan vaksin. Oman memaparkan, PMI Kota Tangerang juga memiliki fasilitas penyimpanan vaksin berstandar WHO.

Sebab, untuk vaksin jenis Pfizer dan Moderna, yang harus disimpan dalam suhu minimal minus 60 derajat celcius, PMI Kota Tangerang memiliki fasilitas penyimpanan dengan suhu minus 70 derajat celcius.

“Kapasitasnya mampu menyimpan ribuan botol vaksin. Dengan penyimpanan sesuai standar, makan kualitas vaksin akan terjaga. Sehingga saat disuntikkan kepada warga kemanjurannya juga terjaga dengan baik. Intinya, kamu siap saat ada bencana,” tegasnya. (Adv)