Daftar Yuk! Disnaker Kota Tangerang Kembali Buka Pelatihan Kewirausahaan

Daftar Yuk! Disnaker Kota Tangerang Kembali Buka Pelatihan Kewirausahaan
Boyke Urip Hermawan, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Berkomitmen untuk terus memberikan fasilitas pengembangan kompetensi diri untuk masyarakat Kota Tangerang. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kembali membuka pelatihan kewirausahaan secara gratis. Saat ini, pendaftaran dua bidang pelatihan telah dibuka dengan kuota 30 orang per kelasnya.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Disnaker, Kota Tangerang, Boyke Urip Hermawan mengungkapkan dua bidang pelatihan yang dibuka ialah pelatihan reparasi sepeda yang akan berlangsung di Gedung Disnaker dan bidang content creator di LPK Geti Kebon Nanas.

Pelatihan reparasi sepeda ada tiga angkatan yang dibuka. Angkatan lima digelar pada 1-3 November, angkatan enam pada 8-10 November dan angkatan tujuh akan berlangsung pada 15-17 November. Sedangkan untuk pelatihan content creator dibuka untuk angkatan sembilan yang akan digelar pada 1-3 November, angkatan 10 pada 8-10 November dan angkatan 11 akan berlangsung pada 15-19 November mendatang.

“Lewat pelatihan reparasi sepeda, peserta diharapkan punya kemampuan handal dan kompeten atau menjadi pengusaha dibidang jasa perawatan kendaraan sepeda. Sedangkan content creator, peserta akan mempelajari dasar teori pendukung dalam pembuatan channel di Youtube. Seperti membentuk personal branding, mencari market fit content, serta mempraktikan proses produksi konten video dalam berkelanjutan hingga teknis dalam proses shooting,” papar Boyke.

Sementara itu, Boyke menjelaskan tata cara mendaftar menjadi peserta pelatihan kewirausahaan secara gratis. Calon peserta harus mendownload aplikasi Tangerang Live dan pastikan akun telah terverifikasi. Setelah itu, peserta bisa buka aplikasi Tangerang Live, klik menu lainnya, cari opsi Layanan Ketenagakerjaan, klik Tangerang Cakap Kerja, lalu klik Pelatihan Kewirausahaan.

“Setelah itu, pilih jenis pelatihan yang diminati, isi persyaratan yang diperlukan. Mulai dari, KTP Kota Tangerang, ijazah terakhir, kartu kuning dan rekening pribadi. Setelah itu, klik daftar pelatihan dan tunggu verifikasi serta undangan pelatihan oleh admin,” katanya.

Lanjutnya, agenda pelatihan kewirausahaan berlangsung selama tiga hari mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Seluruh peserta akan mendapat sertifikat setelah mengikuti pelatihan tanpa dipungut biaya.

“Jika belum diundang atau dihubungi melalui whatsapp oleh pihak Disnaker sampai H-4 pelaksanaan pelatihan. Artinya, kuota sudah penuh dan tidak masuk kuota di kelas tersebut. Jadi, ayo segera daftar, kuota terbatas dan manfaatkan kesempatan ini untuk pengembangan diri,” jelasnya.