BPOM Banten Temukan Makanan Mengandung Boraks dan Formalin di Swalayan Tangerang

    BPOM Banten Temukan Makanan Mengandung Boraks dan Formalin di Swalayan Tangerang
    Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten lakukan sidak di minimarket Pasar Modern Town Market, Kota Tangerang. Rabu (7/6/2017)

    , Pelitabanten.com – Badan Pengawasan Obat dan Makanan BPOM  melakukan inspeksi mendadak di sejumlah modern dan pasar swalayan. Salah satunya di Town Market, Kota Tangerang.

    Hasilnya, petugas menemukan produk tak layak dikonsumsi. Bahkan ada sejumlah produk ilegal yang bebas dijualbelikan.

    Seperti di sebuah swalayan, petugas menemukan produk mi asal China yang diduga ilegal. Produk tersebut tidak terdaftar pada BPOM.

    “Ya, dari hasil pemeriksaan kami menemukan produk yang diduga ilegal tidak terdaftar di BPOM, yakni jenis mi China Miesoa Instan,” ujar Staf Seksi Pemeriksaan dan Sertifikasi serta Layanan Informasi BPOM Banten Fikri Nazaruddin, di Pasar Modern Town Market Tangerang, Rabu (7/6/2017).

    Fikri Nazaruddin mengatakan, saat dilakukan pemeriksaan uji cepat terhadap 27 sample makanan sejumlah makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

    “Hasil uji sample ditemukan dan boraks pada tahu kuning, tahu putih, kuetiaw, dan risol,” kata Fikri

    Menurut Fikri, makanan yang mengandung formalin ditemukan di tahu kuning, tahu putih, serta kuetiaw. Dan yang mengandung boraks di jajanan risol. Untuk saat ini, tindakan yang diambil oleh tim adalah memberikan peringatan, dan diberikan surat pernyataan agar tidak mengulanginya kembali, serta tak membeli ke yang sama.