Bappilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak Ajak Pemuda Kawal Pemilu 2024-2029

Bappilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak Ajak Pemuda Kawal Pemilu 2024-2029
Bung Yos alias Mohamad Iyos Rosyid, Ketua Bappilu DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lebak saat diskusi publik pada (15/03/2023).

LEBAK, Pelitabanten.com– Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Malingping menggelar dialog lintas Partai Politik dan mengajak partisipasi politik pemuda pada Pemilu 2024 serta komitmen Parpol dalam menyongsong Daerah Otonomi Baru (DOB) Cilangkahan. Tema yang diusung adalah “Partisipasi politik pemuda, dan DOB Cilangkahan”. Acara berlangsung pada Hari Rabu (15/03/2023) di Gedung PGRI Malingping.

Mohamad Iyos Rosyid, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan menjelaskan bahwa peran pemuda sangat penting dalam meningkatkan partisipasi politik menjelang pemilu 2024-2029. Apalagi saat ini, generasi pemuda berpengaruh terhadap kemajuan bangsa dan negara.

“Saat ini, Pemilu Legislatif di tingkatan DPRD Kabupaten Lebak memiliki hak suara sebanyak 1.459.108 suara. Ada 50 kursi yang diperebutkan di tahun 2024-2029. Ada penambahan kursi khususnya di dapil V (lima) yang awalnya pada tahun 2019 memperoleh 6 kursi, kini untuk Pemilu legislatif di tahun 2024 dapil V (lima) memperoleh 7 kursi. Apalagi Pemilu 2024-2029 banyak sekali kader-kader muda yang ikut kontestasi Pileg di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Mohamad Iyos Rosyid mengajak para pemuda untuk berperan aktif mengawal pemilu tahun 2024-2029. Peran semuanya sangat berarti untuk kemajuan Pemilu ditahun yang akan datang. “Mari kita awasi praktek-praktek yang mencorengkan nilai-nilai demokrasi yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

“Hari ini dan esok adalah milik kita, Pemuda punya kewajiban yang sangat penting untuk menciptakan demokrasi yang bersih, jujur, dan adil. Itu yang kita harapakan di tahun 2024. Politik uang jangan sampai terjadi dikalangan bawah, melainkan pendidikan politik harus bisa dipahami untuk kemajuan masyarakat di masa depan,” lanjutnya.

Ketua DPK KNPI Malingping M Febi Pirmansyah mengungkapkan, bahwa kegiatan ini digelar dengan tujuan agar pemuda betul-betul memahami akan pentingnya keterlibatan pemuda dalam hajat politik, baik sebagai kontestan, penyelenggara maupun sebagai voter. Sebab, sebagaimana diketahui bahwa momentum politik itu sangat menentukan arah pembangunan, baik secara regional maupun nasional.

“Kita sudah mengundang semua perwakilan pengurus Parpol yang ada di Kabupaten Lebak, untuk bersama-sama berdialog dan memaparkan konsep dan program agar pemuda tertarik untuk terlibat dalam hajat politik ini,” kata Febi.

Tujuannya, lanjut Febi, supaya tingkat partisipasi pemilu meningkat. Sebab bagaimanapun, ini menjadi penentu bagaimana nasib bangsa kedepannya.

“Ada kecenderungan sikap apatis dari pemuda terhadap politik. Karena mungkin belum tersentuh oleh pemahaman mengenai pentingnya berpartisipasi. Semoga melalui acara dialog lintas parpol ini menjadi wasilah dalam meningkatkan ketertarikan dan partisipasi pemilih,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan beberapa pengurus Partai Politik (Parpol), seperti Feri Purnama, SH dari Partai NasDem, Mohamad Iyos Rosyid, S.KPm. M.AP dari Partai PDI Perjuangan, Daniel Firdaus dari PKS, Rully S. Wibowo dari Partai Golkar, Preinekem Purba dari Partai PSI, Moh. Taufan, SP dari Partai Demokrat. (*)