7 Tips menjadi ‘Morning Person’

7 Tips menjadi 'Morning Person'
Ilustrasi: Pixabay/Geralf

Pelitabanten.com – Hayo ngaku siapa yang suka bangunnya siang? Siapa yang kalau sudah bangun tidur lagi? Siapa yang baru melek langsung ngintip WhatsApp?

Well, bangun pagi bagi sebagian orang adalah momok yang sangat menyebalkan. Terlebih bagi para orang dewasa yang kembali harus berhadapan dengan setumpuk pekerjaan yang melelahkan dan membosankan. Tapi sebelumnya kalian pernah dengar istilah ‘Morning Person’ enggak sih? Itu loh kalau di artikan jadi ‘Manusia Pagi-pagi. Nah, kira-kira apa sih ‘Morning Person’ itu?

‘Morning Person’ adalah orang yang bangun tidurnya pagi-pagi, bahkan sebelum ayam berkokok dan tukang sayur berbelanja di pasar, lalu dilanjut dengan berbagai aktivitas bermanfaat. Menjadi ‘Morning Person’ adalah suatu prestasi yang luar biasa teman. Karena untuk melawan rasa kantuk dan mager itu susah. Lebih susah dari sekedar memecahkan soal matematika.

Seperti di lansir dari hellosehat bangun pagi dapat mebuat mental kita lebih sehat dan positif loh. Selain itu orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki jiwa yang optimis.

Berikut 7 Tips menjadi ‘Morning Person’

1. Atur jam tidur

Agar bangun lebih awal dan fresh di pagi hari usahakan jangan begadang kalau tidak ada artinya. Karena percayalah teman kurang tidur dapat membuat rusak mood kalian. Kalau mood kalian rusak di awal. Kecil kemungkinan hari kalian akan menyenangkan.

2.Baca doa bangun tidur

Ini nih gue yakin sebagian besar manusia melupakan doa bangun tidur, salah satu penyakitnya karena tak sabar ingin memeriksa pesan WhatsApp. Meski kenyataanya mereka jomblo.

3. Dua raka’at sebelum subuh

Well, bagi seorang muslim sepertinya bangun sebelum adzan shubuh merupakan sebuah keharusan deh, disamping bisa mendirikan shalat sunnah dua raka’at lalu dilanjut shalat subuh. Kalian juga bisa mendirikan shalat sunnah yang lain, but it’s ok kalau ternyata kalian bangunnya setelah beberapa menit adzan asalkan jangan jam 6 baru bangun apalagi jam 7. Patut di damprat kalau begitu.

4. Baca Al-qur’an

Usai shalat jangan malah buru-buru narik selimut tapi cobalah buka mushaf kalian bacalah satu atau dua lembar minimal. Jika dirasa berat lima baris deh berikut artinya. kalau masih merasa berat juga satu ayat berikut artinya. kalu masih berat juga coba istighfar.

5. Dzikir pagi

Dzikir pagi itu amunisi untuk tubuh kita, yah ibarat kendaraan yang mau dibawa perjalanan jauh harus di isi bensin dulu. Begitupun dengan diri kita, untuk melewati 24 jam kita perlu amunisi yang cukup. Asupan makanan perlu untuk kesehatan jasmani dan dzikir pagi lebih perlu untuk kesehatan rohani.

6. Beres-beres

Bagi kalian para pelajar dan mahasiswa stop merasa paling sibuk di dunia, berdalihkan belajar online dan tugas yang bejibun. Kalian mengabaikan bebenah rumah. Please guys mulai sekarang coba ambil sapu di pojokan dan mulai lah berbenah.

7. Beraktivitas seperti biasanya

Poin terakhir ini adalah melakukan aktivitas seperti biasanya. Seperti bekerja, belajar, membaca, dan banyak aktivitas bermanfaat lainnya.

Selamat mencoba guys

Semangat menjadi ‘Morning Person’