Jangan Lupa Lakukan Hal Ini Sebelum Membuang HP Lama

Jangan Lupa Lakukan Hal Ini Sebelum Membuang HP Lama
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Saat ini model ponsel baru selalu rilis setiap saat. Pembaruan fitur ponsel datang silih berganti, membuat ponsel lama yang kita gunakan tampak sudah ketinggalan jaman. Karena itu, orang-orang semakin sering mengganti ponsel yang lama dengan yang baru. Kini tak jarang orang mengganti ponselnya karena ingin merasakan fitur yang lebih mutakhir, dan sebenarnya bukan karena ponsel lamanya atau tidak bisa digunakan lagi. Misalnya seseorang mengganti ponsel karena ingin fitur kamera yang lebih bagus atau ingin lebih lancar saat main dari game.

Penting untuk diperhatikan bahwa saat mengganti ponsel lama dengan yang baru, ada beberapa hal yang harus dilakukan dulu dengan ponsel lama. Jadi jangan buru-buru membuang atau menjual ponsel lama dulu. Agar data kita aman dan akses ke ponsel baru juga lebih , lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mengamankan data

Setelah beberapa waktu digunakan, pasti Anda telah menyimpan banyak data di ponsel lama Anda, baik itu , video, dokumen, kontak, dan lainnya. Sebelum pindah ke ponsel baru, amankan dulu data Anda. Sebaiknya simpanlah semua data dari ponsel lama pada memory cadangan, misalnya pada SD card atau menggunakan fasilitas cloud storage untuk menyimpan data secara , agar data yang sudah ada tidak hilang. Jadi, pastikan data Anda sudah aman dan dicadangkan dengan menggunakan ponsel lama terlebih dahulu.

  • Mentransfer data

Agar memakai ponsel baru lebih nyaman dengan data yang sama dari ponsel lama, lakukan pemindahan data dari ponsel lama ke ponsel baru. Jika Anda menyimpan semua data ponsel lama di SD card, Anda tinggal memindahkan SD card ke ponsel baru. Anda juga bisa mentransfer data dan aplikasi dari ponsel lama dengan aplikasi phone clone. Pastikan ponsel lama dan ponsel baru dapat mengakses internet saat memakai aplikasi phone clone ini.

  • Keluar dari semua akun

Pastinya banyak akun Anda yang terdaftar pada ponsel lama. Dari mulai email, sosial , hingga akun toko online dan mobile banking. Privasi akun ini sangat penting untuk dijaga. Jadi ingatlah untuk keluar atau sign out dari semua akun yang terdaftar pada ponsel lama Anda.

  • Mengganti kata sandi semua akun

Selain sign out dari semua akun, Anda juga perlu mengganti kata sandi untuk semua akun yang terdaftar di ponsel lama. Hal ini untuk mencegah akun di ponsel lama Anda disalahgunakan.

  • Mencabut card dan SD card

Jangan lupa juga untuk mencabut sim card dan SD card yang menempel pada ponsel lama Anda. Meskipun jika Anda tidak ingin menggunakan sim card atau SD card yang lama, sebaiknya cabutlah dari ponsel lama untuk keamanan dan privasi. Jika tidak ingin memakai simcard yang lama, sebaiknya potong sim card terlebih dahulu baru dibuang ke tempat , agar tidak disalahgunakan orang lain.

  • Menghapus data dan akun

Langkah penting selanjutnya adalah menghapus data dan akun yang terdapat pada ponsel lama. Hal ini sangat penting untuk keamanan dan privasi data dan akun Anda. Tentunya Anda tidak ingin email yang terdaftar di ponsel lama dapat diakses oleh orang lain. Untuk menghapus semua data dan akun yang terdaftar di ponsel dapat dilakukan dari menu setting lalu reset factory setting. Dengan mengaktifkan menu ini, semua data dari ponsel lama akan terhapus, dan ponsel kembali kosong seperti settingan awal saat dibeli.

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis