5 Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan Ala Anak Kontrakan

5 Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan. Ala Anak Kontrakan
Inspirasi. Pixabay/ Mnplatypus

Pelitabanten.com – Jujurly, gue dan teman-teman selaku anak perantauan akhir bulan cukuplah menjadi momok yang sedikit menakutkan dan menegangkan. Bagaimana tidak? Ketika akhir bulan datang percaya atau enggak, semuanya mendadak habis. Contohnya seperangkat alat mandi. Pas gue masih jaya-jayanya alias uang masih ada di saku. Itu sabun, odol, sampo masih penuh. Tapi giliran makan sama gorengan, semuanya mendadak habis. Sampai sekarang masih menjadi misteri. Belum lagi suara token listrik yang meraung-raung minta di isi. Heran gue, kenapa gitu penderitaan itu datang secara bersamaan.

Bagi kalian yang anak perantauan gue ada tips nih bagaimana menghadapi akhir bulan

1. Hindari gaya makan hedon

Alias beli makan diatas sepuluh ribu. Gimana caranya? Warteg jawabannya. Tolong, yang biasa beli pecel ayam seharga 18000 untuk saat ini skip dulu. Cukup beli nasi setengah, tempe oreg, dan kasih kucuran kuah gulai nangka. Atau iuran buat masak sendiri.

2. Kerjain tugas di kampus

Bagi kalian yang ketika masih punya uang dikit-dikit caffe, dikit-dikit caffe berdalihkan kerja kelompok, plis. Itu perpus nganggur seharian, wifi kenceng, kursi banyak yang kosong. Silahkan manfaatkan fasilitas yang ada. Dengan begitu kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun hanya untuk minum. Kalau mau minum kopi cukup beli di warung, kopi walet seharga 1000 rupiah.

3. Hindari rapat di caffe

Nah ini penting bagi kalian seorang aktivis kampus, yang hobinya rapat-rapat. tolong yang biasanya rapat di caffe. Hindari dulu. Cukuplah rapat di kampus. Hemat biaya.

4. Jangan jajan selain beli nasi

Teruntuk kalian pecinta basreng, cilok, cimol, cilor. Ketika akhir bulan jangan sekali-kali menyapa mereka. Cukuplah sisa-sisa uang yang masih nyelip di dompet untuk membeli nasi. Dan untuk yang sering beli boba, capcin, es jeruk, es kelapa. Dan masih banyak lagi  kawan-kawannya. Cukuplah dengan air putih.

5. Perbanyak ibadah

Salah satu obat paling mujarab ketika menghadapi akhir bulan. Ini salah satu siasat loh, untuk menghindari godaan teman yang selau menghasut untuk jajan. Ketika detik-detik mau akhir bulan. Silahkan niatkan puasa senin kamis kalau perlu puasa Daud. Disamping niat puasa selipkan juga niat untuk mengirit. Dijamin mujarab banget.

Itulah fren tips dari gue dalam mengahadapi akhir bulan, semoga bermanfaat kalau tidak, yah maaf.