3 Tips Manajemen Waktu Ala Buku Atomic Habit, Salah Satunya Fokus Pada Satu Pekerjaan

3 Tips Manajemen Waktu Ala Buku Atomic Habit, Salah Satunya Fokus Pada Satu Pekerjaan
Inspirasi. Pixabay/ Monoar

Pelitabanten.com – Menurut James Clear, sang penulis buku Atomic Habis, perbedaan yang paling menonjol dari orang (sok) sibuk dan orang yang produktif terlihat dari bagaimana manajemen waktunya.

Manajemen waktu adalah satu hal yang penting dalam menjalani kehidupan guna mendapatkan hidup yang lebih terjadwal, dan tertata.

Jika kehidupan seseorang sudah terjadwal dan terarah, berarti seseorng tersebut sudah mampu memanajemen waktu nya.

Manajamen waktu akan sangat berpengaruh untuk kehidupan masa depan seseorang. Dan untuk berhasil tahap manajemen waktu yang baik, itu dibangun sedini mungkin, karena manajemen waktu tidak langsung terbentuk.

Dilansir dari Instagram @satupersenofficial, ada setidaknya 3 tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan manajemen waktu, yaitu sebagai berikut:

1. Fokus pada satu pekerjaan

Orang (sok) sibuk biasanya punya banyak kegiatan, namun saking banyak kegiatan, malah membuatnya tidak fokus. Karena memikirkan banyak kegiatan yang dilakukan, kadang dia berusaha untuk melakukan semuanya namun hasil yang dihasilkan justru tidak maksimal.

Seperti  sedang mengerjakan tugas, sambil scrolling Instagram atau tiktok, dan mengerjakan tugas lain atau yang biasa disebut multitasking.  Hal ini membuat pekerjaan menjadi kurang efektif dan malah mengganggu pekerjaan utama

2. Mengerjakan hal yang paling penting dahulu

Berkaitan dengan skala prioritas, dimana mengerjakan sesuatu yang utama terlebih dahulu. Mulailah kerjakan sedari pagi hari dimana waktu otak kita masih fresh, bisa berpikir jernih dengan ide-ide yang banyak.

Bila perlu bikin list kegiatan mulai dari yang terpenting dulu, agar tidak lupa dan malah mengerjakan hal lain yang remeh, dan terkesan tidak penting.

3. Tetap menjaga rutinitas meskipun sedang sibuk

Sibuk bukan menjadi sebuah alasan kamu berhenti melakukan rutinitas kamu, apalagi jika rutinitas itu sangat penting.

Misalnya menyangkut hobi, atau rutinitas olahraga yang biasanya kamu lakukan dari jam 07.00-07.30 pagi, namun ternyata kamu memiliki jadwal lain. Maka kamu bisa mengubah sedikit jadwal olahraga menjadi 07.00-07.15. Karena olahraga merupakan hal yag penting untuk dilakukan.

Demikian 3 tips memanajemen waktu yang baik berdasarkan buku Atomic Habits. Jangan lupa diterapkan ya, su[paya waktu kita lebih terarah dan terjadwal.