Solo Traveling? Siapa takut, Berikut Alasan Mengapa Kamu Harus Mencobanya

Solo Traveling? Siapa takut, Berikut Alasan Mengapa Kamu Harus Mencobanya
Sumber ilustrasi Pixabay/ Herman

Pelitabanten.com – atau jalan-jalan memang suatu kegiatan yang sangat mengasyikan, tapi apakah kamu orang yang menyukai traveling secara berkelompok ataukah ? Bagi kamu yang belum pernah melakukan solo traveling wajib mencobanya paling tidak sekali seumur hidup.

Karena sensasi traveling nya akan sangat berbeda, dan pastinya akan lebih menantang. Baik melakukan solo traveling ataupun traveling berkelompok dua-duanya pasti butuh persiapan. Nah apalagi bagi seorang solo traveling, dimana akan melakukan perjalanan sendirian, makanya butuh persiapan lebih.

Apalagi kalau kamu menggunakan jasa transportasi umum. Harus pandai-pandai mencari apakah ke lokasi yang kamu tuju bisa diakses oleh umum atau tidak, atau apakah disana ada tukang ojek atau tidak.

Tapi kalau kamu punya kendaraan pribadi, hal tersebut bukanlah masalah, karena kamu bisa langsung datangi tempat tersebut dengan bantuan GPS. Kamu arus pandai juga menghitung budget, karena kalau kehabisan budget di tengah perjalanan bisa berabe tuh, apalagi kalau kamu tidak membawa kartu . Selain itu kamu juga harus memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dan apa solusinya, itu buat jaga-jaga takut terjadi sesuatu. Tapi semoga tidak hehehheehe.

Alasan mengapa kamu harus mencoba solo traveling

1. Melatih Diri

Melakukan solo traveling adalah salah satu cara untuk melatih diri agar mandiri. Karena saat itulah kamu dituntut untuk menyesuaikan diri dengan mengalokasikan budget/ biyaya yang akan keluar saat melakukan traveling, hal tersebut tergantung dari kendaraan yang kamu gunakan. Kalau menggunakan jasa transportasi umum itu berarti kamu harus bisa menghitung berapa budget yang akan keluar selama traveling.

2. Mengatur waktu sesuka kita

Atau traveling bareng ? Pasti kalau ada dua kepala apalagi lebih biasanya suka ada perbedaan pendapat ataupun keinginan. Misal kamu ingin melakukan traveling dengan santai tak perlu buru-buru, tapi teman kamu malau sebaliknya. Dalam solo traveling kamu bisa mengatur waktu sesukamu, tak perlu merasa tak enak hati. Selain itu seorang solo traveler harus punya mental kuat, alias jangan takut bertanya. Karena pada dasarnya seorang solo traveler memiliki rasa ingin tahu yang lebih, maka tidak heran mereka akan banyak belajar dari perjalanan yang mereka lakukan.

3. Perjalanan menemukan jati diri

Seperti yang aku katakan sebelumnya, bahwa seorang traveler akan banyak belajar dari perjalanannya. Karena dengan melakukan solo traveling kamu dilatih untuk melakukan pengendalian diri, bagaimana mengambil keputusan mungkin dari beberapa pilihan, dan introspeksi diri. Karena di sepanjang perjalanan yang kita lalui kita pasti bertemu dengan orang baru, yang mungkin saja kamu akan mengobrol dengannya, mendengar ceritanya, kisah hidupnya, perjuangannya, atau mungkin kamu akan bertemu dengan orang yang menyebalkan. Percayalah dari semua itu kamu pasti dapat mengambil pelajaran dan boleh jadi kita akan lebih .

4. Menemukan kebebasan

Siapa sih yang tidak menyukai kebebasan? Eits tapi kebebasan disini bukanlah kebebasan negatif. Karena boleh jadi dengan adanya partner malah melakukan hal yang tidak-tidak. Kebebasan seorang traveler adalah dimana tidak akan ada yan mengatur jadwal atau waktu kita, kita lakukan sesuka hati. tidak merugikan orang lain. Dari perjalanan yang kamu lakukan akan banyak sekali bermacam-macam genre cerita lahir. Dari mulai cerita ngenes, sedih, komedi, horor dan lain-lain.

Kalau kamu sudah siap dengan segala persiapannya, maka tunggu apalagi. Mending langsung kuy