Beranda Travel Alam Potensi Wisata Alam Gunung Sidapang di Anyer

Potensi Wisata Alam Gunung Sidapang di Anyer

Potensi Wisata Alam Gunung Sidapang di Anyer
(dok)

Pelitabanten.com – Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan banyaknya potensi wisata alam, seperti pegunungan, pantai serta lautnya, perkebunan, dan masih banyak lagi wisata alam lainnya.

Beberapa potensi wisata alam di Indonesia belum banyak terekspos. Padahal didalam UU No. 9 Tentang Kepariwisataan disebutkan pada Pasal 3 Penyelenggaraan Kepariwisataan yang bertujuan untuk memperkenalkan, mendayagunakan, melestarikan, dan meningkatkan mutu objek dan daya tarik wisata.Dengan demikian, maka siapapun berkewajiban untuk ikut serta dalam memperkenalkan setiap pesona wisata alam yang ada.

Berbicara mengenai wisata pegunungan memang tidak ada habisnya, ada banyak sekali wisata pegunungan yang menyuguhkan berbagai view khasnya tersendiri.

Tidak heran banyak sekali orang-orang dengan sukarela datang dari tempat jauh hanya untuk sekadar menikmati keindahan berwisata alam pegunungan saja.

Potensi Wisata Alam Gunung Sidapang di Anyer
Foto: Pelitabanten.com (dok)

Salah satu daerah dengan banyaknya potensi wisata alam pegunungan adalah Provinsi Banten, diantaranya terdapat wisata alam Gunung Pulosari, Gunung Pinang, Gunung Karang, dan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah wisata alam Gunung Sidapang.

Wisata alam Gunung Sidapang berlokasi di Kampung Kadu Dago, Kelurahan Sindang Karya, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Menurut pengelola tempat wisata tersebut, yaitu Abah Amir dan Ibu Emay, tempat wisata ini dimiliki oleh perseorangan saja, dan sengaja dibuka untuk umum. “Tempat ini pertama kali dibuka pada Juni 2015,” tutur Abah Amir (8/12).

Wisata alam Gunung Sidapang

Potensi Wisata Alam Gunung Sidapang di Anyer
Foto: Pelitabanten.com (dok)

Tempat wisata ini cukup populer di kalangan masyarakat Cilegon, karena lokasinya yang dekat dengan Anyer. Sehingga jika kita berada di Puncak Sidapang, kita akan disuguhkan hamparan laut luas dengan suasana pegunungan dan bukit.

Menjelang moment pergantian tahun baru biasanya tempat ini diserbu warga yang ingin menikmati sunset dari puncak sidapang. Pengunjung yang ingin datang cukup merogoh kocek sebesar 5000 rupiah sudah dapat menikmati indahnya Gunung Sidapang.

Tempat wisata ini dibuka dari pukul 7 pagi sampai 6 sore di hari Senin-Sabtu, dan pukul setengah 6 pagi sampai 8 malam di hari Minggu.

Potensi Wisata Alam Gunung Sidapang di Anyer
Foto: Pelitabanten.com (dok)

Dengan begitu banyaknya wisata alam pegunungan yang ada di Banten, tentunya dengan view yang tidak  kalah bagus dengan wisata alam gunung lainnya, kita patut untuk memperkenalkan wisata alam Gunung Sidapang kepada masyarakat di luar Banten, namun tetap melestarikan tempat ini karena dengan ikut menjaganya, kita ikut serta berpartisipasi dalam mengelola tempat wisata gunung sidapang tetap ada dan terpelihara kelestariannya.

Kendati demikian, bukan berarti setiap wisata alam dapat kita kunjungi dengan seenaknya, kita tetap harus menjaga agar tempat wisata tersebut misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga keasriannya dengan tidak merusak fasilitas yang tersedia, juga tidak merusak lingkungan agar wisata alam tersebut dapat dikunjungi oleh siapapun dan semua orang dapat menikmati pesona wisata alam pegunungan.

Oleh: Dhea Mutia dan Elsa Evriani (Penulis adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)

Loading...