Telkomsel Prediksi Trafik Broadband Lebaran 2024 Naik 15,22 Persen

TANGERANG, Pelitabanten.com – Telkomsel memproyeksikan kenaikan trafik broadband selama momen Ramadhan serta Idul Fitri 1445 H (RAFI 2024) sebesar 15,22 persen dibandingkan hari biasa selama tahun 2024.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama momen RAFI 2024, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta meningkatkan teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Vice President Global Network Operations, Galumbang Pasaribu mengatkan, titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

“Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024,” kata Galumbang Pasaribu dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Rabu (27/3).

Terkait kapasitas jaringan, menurut dia, Telkomsel menyiapkan kapasitas GGSN sebesar 13,9 Tbps, juga kapasitas international internet exchange sebesar 18,40 Tbps.

“Kita sudah menambah kapasitas dalam perangkat yang menghandle jaringan, menyiapkan kapasitas hingga 13,9 Tbps. dan kapasitas international internet exchange sebesar 18,40 Tbps,” ujar Galumbang.

Telkomsel juga mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia, dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI untuk lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Peningkatan trafik selama RAFI 2024 ini diproyeksikan mayoritas berasal dari online gaming, yaitu sebesar 40,84 persen, komunikasi sebesar 25,49 persen, video streaming sebesar 22,61 persen, media sosial sebesar 11,14 persen, dan media sosial sebesar 9,17 persen. Pada momen puncaknya, payload tertinggi diperkirakan mencapai 60,1 Petabyte.

“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya,” ungkap Galumbang.

Sementara itu, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono mengatakan, inisiatif filantropi ‘Telkomsel Sambungkan Senyuman’ merupakan upaya Telkomsel untuk berbagi harapan, menebar kebahagiaan, dan memperkuat hubungan antar sesama di momen spesial Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

“Dengan semangat Indonesia yang selalu menjadi inspirasi Telkomsel, kami berupaya menghadirkan momen kebersamaan yang penuh keberkahan, sejalan dengan prinsip ESG yang senantiasa menjadi komitmen kami pada setiap langkah bisnis,” ujarnya.

Dia menambahkan, bersama masyarakat dan para pelanggan setia, Telkomsel berupaya menciptakan dampak positif yang inklusif dan berkelanjutan, membuka lebih banyak peluang, serta menggerakkan kemajuan sosial dan ekonomi di seluruh penjuru Indonesia.

“Telkomsel juga melangsungkan inisiatif “Telkomsel Sambungkan Senyuman” dengan berbagi makanan berbuka untuk warga sekitar di beberapa kota, khususnya masyarakat yang melintas di jalan menjelang waktu berbuka puasa,” ungkap Saki.