Efektifkah Belajar Bahasa Inggris Melalui Youtube?

Efektifkah Belajar Bahasa Inggris Melalui Youtube
ILUSTRASI (TymonOziemblewski/Pixabay)

Pelitabanten.com – Sudah dua tahun pandemi COVID-19 melanda. Imbasnya, masyarakat harus beraktifitas dari rumah, seperti belajar, bekerja, dan bermain. Karena ruang gerak kita dibatasi, maka kita harus bisa beradaptasi dalam kebiasaan baru ini, dan untuk anak sekolah, harus bisa mencari cara agar tetap bisa mengerti materi pelajaran. Selain itu, di zaman yang sudah maju ini, bukan hanya bisa berbahasa indonesia, kita juga harus bisa berbahasa asing, tepatnya Bahasa Inggris. Karena Bahasa Inggris sendiri adalah bahasa Internasional dan sebagai bahasa pengantar dalam pekerjaan, dunia bisnis, gaya hidup, sistem pendidikan, media massa, hiburan, dll.

Menurut Reddy (2016), pencari kerja membutuhkan penguasaan Bahasa Inggris untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan bergaji besar di perusahaan multinasional. Bukan hanya itu, mereka yang menguasai Bahasa Inggris juga lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Karena 50% konten di internet ditampilkan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Sadar akan pentingnya Bahasa Inggris dalam kehidupan, masyarakat Indonesia mulai banyak yang terdorong untuk mempelajarinya. Tetapi tidak semua orang bisa belajar Bahasa Inggris. Di mana, apa, dan bagaimana caranya, kebanyakan orang masih belum tahu. Apa lagi dalam keadaan pandemi seperti ini, kita tidak bisa datang langsung ke tempat kursus, melainkan hanya melalui online.

Tetapi karena zaman sudah maju, jadi kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah ada. Seperti platform YouTube. YouTube merupakan situs web milik google yang berisi berbagai macam video. Seperti video edukasi, hiburan, pelajaran, dll. Jadi selain belajar, kamu juga bisa menikmati hiburan yang ada di YouTube! Lalu setiap orang bisa mengaksesnya melalui smartphone, komputer, ataupun tablet, asal mereka mempunyai kuota internet. Menurut Yudhistira (2019) dari Katadata, mengutip hasil survey “We Are Social”, melaporkan bahwa dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, 88% mengakses YouTube. Lalu juga, YouTube adalah platform yang paling dominan dewasa ini. CNN Indonesia juga menambahkan bahwa aplikasi YouTube merupakan aplikasi paling populer di Indonesia. Karena di dalamnya ada berbagai macam video yang bermanfaat dan menarik. Salah satunya adalah tutorial belajar bahasa Inggris. Tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa, tetapi ada juga video yang ditujukan untuk anak kecil. Dan tidak melulu bealajar Bahasa Inggris hanya melalui sebuah video tutorial, tetapi juga bisa melalui vlog atau rekaman kegiatan sehari-hari. Yang pastinya rekaman kegiatan sehari-hari orang asing, jadi kita bisa mendengar dan meniru bahasa serta aksen mereka.

Selain itu, keefektifan belajar Bahasa Inggris melalui YouTube juga sangat bermanfaat bagi banyak orang, karena mengingat wabah COVID-19 yang masih melanda negeri ini dan pemerintah melarang kerumunan untuk mencegah penularan COVID-19. Jadi kita bisa belajar dari rumah, dan terhindar dari virus dan penyakit yang ada di luar sana. Kita sangat beruntung karena melalui YouTube, kita tetap bisa belajar dan melatih Bahasa Inggris. Belajar melalui YouTube juga menyenangkan loh! Ada berbagai macam video belajar yang menyenangkan dan menghibur. Tetapi kita tetap dapat ilmunya! Wah asyik sekali yah, belajar sambil bermain.

Juga, dapat menghemat waktu banyak karena kita tidak perlu keluar rumah. Hanya cukup menyalakan smartphone atau komputer dan buka aplikasi YouTube. Tara! Kamu sudah siap belajar deh. Lalu, kita juga punya waktu lebih untuk mengeksplor materi pelajaran yang kita inginkan. Misalnya, kita sudah paham dan mengerti materi A, kamu bisa mencari materi B atau materi C di YouTube dan mempelajarinya. Kamu juga bisa mencari dan mengerjakan latihan agar kemampuan Bahasa Inggris mu semakin meningkat.

Belajar Bahasa Inggris tidak bisa instan, tetapi berproses. Kita tidak bisa belajar hanya seminggu dan berharap sudah fasih berbicara Bahasa Inggris. Bila kamu ingin lancar dan fasih berbahasa Inggris, kamu harus mempunyai niat dan tekun dalam belajar. Kamu perlu memainkan video belajar Bahasa Inggris di YouTube secara rutin. Bukan hanya dimainkan, tetapi harus dilatih dan diaplikasikan juga ke kehidupan sehari-hari.

Lantas, apakah efektif belajar Bahasa Inggris melalui YouTube?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anita Wijayanti, mahasiswi Universitas AMIKOM Purwokerto. Yaitu, penelitian tentang pembelajaran kosakata Bahasa Inggris untuk siswa kelas lima sekolah dasar Bakalan Bantul, Yogyakarta menggunakan media video YouTube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah para siswa kelas lima Sekolah Dasar Bakalan Bantul dapat belajar Bahasa Inggris dengan baik menggunakan media video dari YouTube.

Ternyata, hasil penelitian ini cukup memuaskan. Yaitu, nilai evaluasi pembelajaran siswa dalam 3 tahap, meningkat. Perbedaan pemahaman kosakata pemilik nilai terendah dan tertinggi menjadi semakin kecil dan juga pemilik nilai terendah mengalami perkembangan, yaitu peningkatan hasil belajar yang pesat. Keberhasilan penelitian menggunakan media video dari YouTube untuk mempelajari kosakata Bahasa Inggris pun diakui para guru siswa tersebut.

Penelitian lain, berdasarkan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di program studi PGSD, STKIP Muhammadiyah Muara Bungo dengan memanfaatkan YouTube. Ada 35 mahasiswa semester 2 Kelas 2A angkatan 2016 yang semuanya adalah generasi internet. Penelitian berlangsung selama 14 minggu selama masa perkuliahan pada semester genap 2016/2017. Pada akhir semester mahasiswa diminta mengisi kuisioner untuk memberikan tanggapan terhadap proses pembelajaran dan Youtube sebagai materi pembelajaran. Ada tiga belas pertanyaan dengan lima pilihan jawaban dengan memakai skala Likert yang 6 meliputi “sangat tidak setuju” sampai dengan “sangat setuju”.

Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video di YouTube bisa digolongkan menjadi dua jenis. Pertama, video-video yang berupa ceramah atau kuliah bisa digunakan sebagai sumber belajar Bahasa Inggris. Selain itu video-video berbahasa Inggris yang lain seperti video wawancara bisa dipergunakan sebagai sumber data variasi bahasa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai persepsi yang positif tentang penggunaan YouTube di kelas Bahasa Inggris.

Jadi, YouTube cukup efektif untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Tetapi tidak untuk semua orang. Kenapa? Karena setiap orang mempunyai pemahaman dan cara belajar yang berbeda. Jadi, kita tidak bisa menyamaratakan bahwa belajar Bahasa Inggris melalui YouTube itu efektif. Tetapi, media video YouTube mempunyai dampak yang positif. Karena video di YouTube membantu kita belajar dan paham akan materi yang belum kita pahami.

Pingky TheresyaPenulis:Pingky Theresya (Mahasiswi Jurusan Sastra Inggris Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis