Di Buru Saat Bulan Ramadhan, Ini Tujuh Manfaat Gula Aren Khas Lebak 

Di Buru Saat Bulan Ramadhan, Ini Tujuh Manfaat Gula Aren Khas Lebak
Gula Aren Khas Kabupaten Lebak.

LEBAK, Pelitabanten.com– Gula aren merupakan pemanis yang terbuat dari nira Pohon Aren. Gula Aren ini sering diburu ketika di Bulan Ramadhan. Sebab sering dijadikan pemanis alternatif untuk minuman maupun kolak untuk menjelang buka Puasa.

Rasa manis dalam gula aren cukup ringan. Gula aren dianggap sebagai alternatif pemanis sebab, lebih sehat dan melibatkan proses pembuatan yang sederhana (tanpa tambahan bahan kimia).

Mengutip dari WebMD, gula aren memiliki indeks glikemik rendah bila dibandingkan dengan pemanis lainnya. Beberapa penelitian yang sedang berlangsung menyebutkan gula aren baik untuk penderita diabetes.

Asal tahu saja, dalam satu sendok gula aren mengandung:

Kalori: 54

Protein: 0 gram

Lemak: 0 gram

Karbohidrat: 15 gram

Serat: 0 gram

Gula: 15 gram

Selain itu, gula aren juga mengandung kalium, fosfor, seng, besi, mangan, dan tembaga. Manfaat gula aren Gula aren merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik dibandingkan pemanis lainnya.

Ini Tujuh Manfaat Gula Aren yang dilansir dari Kontan.co.id, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengontrol gula darah

Gula aren mengandung lebih sedikit glukosa dan indeks glikemik yang rendah daripada gula meja dan madu. Hal tersebut membuat gula aren bisa membantu mengontrol gula darah serta mengurangi ketegangan pada jantung.

2. Menjaga sistem pencernaan

Gula aren mengandung serat nabati yang bernama inulin. Asal tahu saja, inulin bisa membantu mengendalikan bakteri di usus serta meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral tubuh.

3. Mengontrol tekanan darah

Gula aren mengandung potasium yang lebih tinggi dibandingkan sayuran hijau dan pisang. Potasium berperan untuk membantu mengelola takanan darah tinggi. Tidak hanya itu, gula aren juga mengandung kalum yang berperan untuk menjaga aktivitas sistem saraf tetap baik.

4. Menangkal penyakit kronis

Gula aren mengandung antioksidan yang mencegah kerusakan sel pemicu penyakit kronis.

5. Membuat napas segar

Mengutip dari Grid.id, gula aren bisa mempertahankan napas segar.

6. Meredakan sakit tenggorokan

Gula aren salah satu bahan alami yang bisa meredakan sakit tenggorokan dengan cepat.

7. Meningkatkan daya ingat

Gula aren bisa membantu meningkatkan daya ingat dan melepaskan keletihan mental. Untuk merasakan manfaatnya Anda campurkan gula aren ke dalam susu hangat dan minum sebelum tidur malam. (MIR)