Inforial Kunci dan Faktor – Faktor Penghambat Kesuksesan

Kunci dan Faktor – Faktor Penghambat Kesuksesan

Kunci dan Faktor - Faktor Penghambat Kesuksesan
ILUSTRASI (Guille Álvarez/Unsplash)

Pelitabanten.com – Banyak orang mendefinikan sukses juga berbeda beda. Tak sedikit orang yang menganggap kesuksesan sendiri adalah memperoleh banyak uang, atau dalam artian telah mampu secara finansialnya. Tak jarang juga orang menganggap diri mereka sukses ketika mereka telah meraih sesuatu yang mereka inginkan, seperti contohnya seseorang yang merasa sukses karena telah mendapat gelar S.S (Sarjana Sastra), gelar S.S tersebut sukses ia dapatkan setelah kurang lebih 3,5 tahun menjalankan perkuliahannya di jurusan sastra .

Banyak orang mengharapkan kesuksesan dalam kehidupan mereka. Namun kebanyakan dari mereka hanya mengharapkannya saja tanpa ada suatu usaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Lantas bagaimana sebenarnya usaha dan kunci untuk mencapai kesuksesan tersebut?. Padahal dalam mencapai kesuskesan tersebut ada banyak sekali kuncinya dan usaha yang seharusnya kita lakukan, dan banyak pula faktor yang menghambat yang kesuksesan.

Berikut adalah kunci – kunci kesuksesan :

1. Niat

Kunci kesuksesan yang pertama adalah niat. Niat merupakan hal yang pertama dan harus kita bangun ketika kita ingin mencapai kesuksesan. Karena niat mempunyai posisi yang sangat penting ketika kita ingin melakukan sesuatu. Tanpa adanya niat tersebut, tentu tujuan  kita akan sulit untuk di capai. Lalu yang harus kita lakukan adalah berdoa kepada sang pencipta kita yaitu Allah SWT agar kita dimudahkan dalam mencapai kesuksesan tersebut, dan tentu juga meminta ridho kepada orang tua kita. Karena ridhonya Allah terletak pada keridhaan orang tua kepada kita. Maka dari itu kita sebagai anak harus berbakti kepada orang tua kita, agar orang tua kita meridhai apa yang kita inginkan dan dimudahkan oleh Allah.

2. Tinggalkan rasa malas, tingkatkan rasa disiplin

Tinggalkan rasa malas dan disiplin dalam melakukan sesuatu. Meninggalkan rasa malas adalah kunci yang harus kita tanamkan dalam diri kita untuk mencapai kesuksesan. Jika kita terus bermalas malasan, tentu semua pekerjaan akan tertunda, dalam menghambat kesuksesan kita. Seperti contohnya, jika seseorang malas dalam mengerjakan skripsi, tentu itu akan menghambat kelulusanya. Lalu, bagaimana meninggalkan rasa malas itu? Yaitu dengan mengingat ‘niat’ awal kita, maka dari itu kita harus berniat dengan sepenuh hati agar kita semangat untuk mencapai goals atau tujuan kita tersebut. Kita juga harus disiplin dalam melakukan sesuatu, mengapa demikian? Karena jika kita tidak menerapkan disiplin dalam hidup kita, semua akan berantakan dan tidak teratur antara arah dan tujuan hidup kita. Disiplin dalam segala hal itu adalah sesuatu yang sangat penting dan harus kita lakukan dalam kehidupan kita, terutama disiplin dalam waktu. Disiplin dalam waktu itu harus kita laksanakan dari diri kita, contohnya kita membuat jadwal untuk diri kita sendiri. Mulai dari jadwal kita untuk bangun tidur, makan, mengerjakan tugas, membersihkan rumah, beribadah, dan semuanya sampai waktu kita untuk tidur lagi.

Baca Juga:  Membuka Rekening yang Unik dan Menggemaskan dengan Line Bank

3. Rajin

Rajin merupakan salah satu kunci kesuksesan juga yang penting kita terapkan dalam diri kita. Rajin mengerjakan tugas, rajin memperhatikan dan mencatat ketika dosen sedang menjelaskan suatu materi, dan memberi arahan yang baik untuk kehidupan kita kedepannya. Rajin menuntut ilmu dan rajin mencari informasi untuk mencapai kesuksesan yang kita inginkan itu diharuskan, seperti misalnya kita ingin menjadi pengusaha yang sukses, maka kita harus rajin mempelajari dan mencari informasi mengenai hal tersebut, contohnya seperti kita rajin membelajari ilmu bisnis, mencari target jual, mencari informasi dari sumber-sumber yang valid cara-cara untuk menjadi pengusaha yang sukses.

4. Beradab

Menjadi manusia yang beradab, tentu menjadi manusia yang berdadab juga merupakan salah satu kunci kesuksesan kita. Memiliki etika atau adab yang harus kita terapkan untuk melaksanan segala sesuatu. Karena tidak ada gunanya jika kita memiliki banyak ilmu, namun tidak memiliki adab yang baik. Sebagai contoh, ketika kita ingin melamar pekerjaan di bidang yang kita rasa bahwa kita ahli dan bisa untuk mengerjakannya, namun kita tidak tau etika yang baik ketika ingin melamar pekerjaan tersebut, seperti berbicara kasar ketika melakukan wawancara untuk pekerjaan, dan terkesan bersifat sombong atau meremehkan.

Baca Juga:  Taffware Solusi Kebutuhan Produk Elektronik & Peralatan Rumah Tangga

Faktor – faktor penghambat penghambat kesuksesan, diantaranya adalah:

1. Suka menunda-nunda pekerjaan

Sebagian orang beranggapan bahwa “kalau bisa nanti, mengapa harus sekarang”. Anggapan ini banyak dijadikan alasan oleh sebagian orang yang sering sekali menunda pekerjaannya. Padahal faktanya kita semua tidak ada yang tahu apa yang akn terjadi kedepannya. Seperti contohnya, seseorang yang harus mengerjakan tugas yang akan dikumpulkannya besok hari, tetapi saat siang hari ia malah bermain game dan berniat akan mengerjakan tugasnya saat malam hari, ternyata saat malam hari terjadi pemadaman listrik didaerahnya, sehingga ia tidak bisa mengerjakan tugas itu dan mendapat hukuman dari gurunya. Maka dari itu kita tidak boleh menunda-nunda suatu pekerjaan, karena menunda pekerjaan adalah akar dari kegalalan dan .

2. Selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Pada dasarnya belajar dari orang lain itu adalah hal yang penting. Tetapi, selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain justru membuat diri sendiri tidak berkembang. Karena, akan menjadi tidak fokus  pada kemampuan dan kelemahan pada diri sendiri. Namun, malah menjadi terobsesi dengan kemampuan dan kelemahan pada orang lain. Akibatnya, membuat kurangnya kepercayaan pada diri sendiri, dan membuat kita semakin iri dengan orang lain, dan terus memperhatikannya, yang malah membuat kita tidak berfokus pada diri sendiri.

Baca Juga:  Tumbuhkan Kecintaan Si Kecil Pada Indonesia

3. Tidak Sabar

Tidak sabar juga menjadi salah satu dari faktor penghambat kesuskesan. Karena sabar merupakan sifat yang sulit sekali dilakukan oleh banyak orang. Sebagian orang tidak sabar akan hasil yang telah ia usahakan, kebanyakan hanya ingin yang instan saja, tanpa mau bersabar. Padahal dengan bersabar dapat membuat kita lebih fokus dalam mencapai goal atau tujuan kita. Kesabaran juga merupakan hal yang diperlukan dalam mencapai kesuksesan. Karen hakikatnya hasil atau goal yang besar tidak bisa didapatan dari usaha satu hari saja, tetapi juga  membutuhkan waktu dan kesabaran. Maka dari itu daripada kita dikuasai  oleh rasa tidak sabar, lebih baik kita menginggat bahwa kesuksesan itu membutuhkan waktu, dan mengisi waktu kita dengan berfokus pada hal-hal yang perlu dilakukan dalam mencapai kesuksesan.

Point-point yang dijelaskan diatas adalah kunci untuk meraih kesuksesan, dan faktor penghambat kesuksesan. Sebenarnya masih banyak lagi yang harus kita lakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Tentu itu semua penting juga kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang paling penting adalah bagaimana niat  dalam mewujudkan kesuksesan tersebut, karena suatu niat menentukan suatu usaha atau pekerjaan yang akan kita lakukan. Mari kita terapkan kunci-kunci untuk meraih kesuksesan tersebut dan menghindari faktor faktor yang menghambat kesuksesan untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.

Penulis: Brilliana Kareena Hidayat (MahasiswI jurusan Sastra Inggris Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)