4 Manfaat Tersembunyi Tanaman Porang

4 Manfaat Tersembunyi Tanaman Porang
Tanaman Porang (wikimedia.org)

Pelitabanten.com – Porang merupakan tanaman umbi – umbian yang tumbuh berupa semak dan biasa di tempat yang lembab seperti di hutan, tepi sungai, dan lereng gunung. Tanaman ini memiliki batang berwarna hitam dan hijau dengan bercak putih. juga diketahui dapat tumbuh mencapai ketinggian 1,5 meter.

Tanaman ini sering dimanfaatkan untuk membuat tepung dan nasi seperti yang sudah loh Moms. Selain untuk dikonsumsi, tanaman porang juga bisa digunakan untuk bahan baku lem, cat, bahkan kosmetik.

Namun, ternyata tanaman ini memiliki khasiat cukup besar bagi tubuh jika dikonsumsi. Apa saja? Mari kita simak beberapa manfaat tanaman porang berikut ini.

1. Membantu Memaksimalkan Penyerapan Kalsium

Porang termasuk dalam famili Araceae, porang juga mengandung kristal kalsium alkaloid dan oksalat. Asam oksalat adalah senyawa anti yang dapat mengikat kalsium sehingga bermanfaat untuk menyerap kalsium yang penting untuk fungsi serat otot dan saraf.
Mengonsumsi porang dengan ukuran yang sesuai cocok sekali untuk pertumbuhan tulang.

2. Pencegah kanker

adalah salah satu yang sangat berbahaya apabila sampai tertular ke tubuh kita. Tapi tahukah kamu kalau tanaman porang memiliki khasiat untuk mencegah kanker?
Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa tanaman porang dapat mencegah kanker paru-paru. Kandungan nutrisi di dalamnya juga dapat menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker dengan efektif. Senyawa glukomanan pada tanaman porang dapat membantu menurunkan tingkat keganasan tumor dan kanker.

3. Penurun kadar gula darah

Senyawa glukomanan pada tanaman porang diketahui dapat menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Penurunan kadar gula darah dapat membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi, diabetes, dan tekanan darah tinggi.
tanaman porang juga dipercaya mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus kecil. Kondisi tersebut dapat membuat sensitivitas tubuh terhadap insulin turut meningkat.

4. Penurun berat badan

selain bermanfaat untuk menurunkan gula darah, senyawa glukomanan pada tanaman porang dapat menjadi pengental alami loh Moms. Senyawa tersebut dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan efektif.
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pasien obesitas yang menjalani diet dengan mengonsumsi senyawa glukomanan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Fakta menariknya, penurunan berat badan yang terjadi tetap menjaga kandungan kalsium dan zat besi dalam tubuh. Tanaman porang yang mengandung senyawa glukomanan dapat memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang.

Kesimpulan

Mengonsumsi Porang memang memiliki banyak khasiat apabila mengonsumsinya dengan jumlah yang sesuai.tentunya diimbangi dengan diet dan olahraga ya Moms.

Penulis: Fikri Abdillah ( Studi Sastra )

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis