5 Tips Aman dan Efektif Pilih Asuransi Mobil Syariah

5 Tips Aman dan Efektif Pilih Asuransi Mobil Syariah
ILUSTRASI (Foto kiriman untuk Pelita Banten)

Pelitabanten.com – Setelah mendapatkan mobil impian, pemilik mobil tidak dipungkiri perlu menyiapkan untuk biaya perawatan, servis termasuk juga perlindungan terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau hilang dikarenakan pencurian. Sebagai langkah penanggulangan, mobil dapat memberikan mobil anda proteksi yang lengkap dari berbagai macam risiko, seperti kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas, bencana alam, kebakaran, dicuri hingga kerusuhan, tentunya sesuai dengan polis yang dipilih.

Prinsip yang digunakan dalam asuransi syariah termasuk di dalam asuransi mobil adalah prinsip tolong menolong, dengan menghibahkan sebagian dana kontribusi (premi) sebagai alat untuk menolong nasabah lain yang sedang tertimpa musibah. Namun ternyata dalam memilih produk asuransi syariah diperlukan juga kejelian agar asuransi syariah tetap sejalan dengan syariat dan tetap efektif untuk memenuhi kebutuhan kendaraan.

Oleh karena itu, Aulia Akbar CFP®, AEPP®, selaku perencana sekaligus Financial Educator dari .co.id, isebagai salah satu marketplace penyedia pilihan asuransi terbesar di Indonesia, membagikan 5 aman dan efektif dalam memilih asuransi mobil syariah.

1. Pengelolaan Dana Tabarru

Dana tabarru merupakan uang yang dikumpulkan dan akan dimanfaatkan berdasarkan prinsip sharing risk atau prinsip tolong-menolong, yang dalam asuransi kendaraan syariah ini dikelola oleh pihak asuransi sebagai dana ganti rugi bagi nasabah yang mengalami yang merugikan kendaraannya.

Perlu dipastikan, sebelum menjadi nasabah resmi anda sudah mengetahui untuk apa dana tabarru’ tersebut digunakan. Apakah dana tersebut , pastikan hanya diinvestasikan untuk perusahaan-perusahaan yang tidak bertentangan dengan syariat.

2. Periksa Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Kredibilitas perusahaan asuransi merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan untuk membeli produk asuransi konvensional maupun syariah, salah satu cara untuk mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi adalah dengan melihat apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk asuransi syariah, perusahaan juga harus sudah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yaitu lembaga pengawas lembaga keuangan syariah, termasuk perusahaan penyedia produk asuransi mobil yang berbasiskan hukum Islam.

3. Tentukan Kebutuhan Perlindungan

Agar tetap efektif dalam pengeluaran namun tetap sesuai dengan kebutuhan, anda juga perlu memahami jenis perlindungan asuransi kendaraan. Sama seperti asuransi mobil konvensional, produk asuransi mobil berbasis syariah juga tersedia dalam jenis all risk dan Total Loss Only (TLO).
● Asuransi all risk akan memberikan perlindungan menyeluruh, yaitu termasuk kerusakan tingkat ringan, tingkat berat, dan bahkan termasuk risiko kehilangan.
● Asuransi TLO memberikan perlindungan saat mobil mengalami kerusakan di atas 75 persen dan risiko kehilangan akibat pencurian maupun perampasan.

4. Terdapat Bengkel Rekanan di Daerahmu

Selain memperhatikan kebutuhan perlindungan, agar tetap efektif perhatikan juga bengkel rekanan di daerahmu. Tujuannya agar proses klaim dapat berjalan praktis tanpa harus melalui prosedur yang panjang.

Maka dari itu, sebaiknya nasabah memilih perusahaan asuransi yang memiliki bengkel rekanan luas sehingga jika terjadi kerugian kamu dapat langsung menjangkau bengkel rekanan dengan mudah.

5. Bandingkan Pilihan Asuransi Syariah Melalui Sumber Terpercaya

Mengingat saat ini terdapat bermacam-macam produk asuransi mobil syariah yang menawarkan berbagai manfaat serta besaran premi yang variatif, bandingkanlah terlebih dahulu produk terbaik yang memiliki harga premi serta manfaat pertanggungan sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai pilihan asuransi yang terbatas berdampak pada keputusan anda untuk membeli produk asuransi yang tidak dapat mengcover kebutuhan anda, maupun sebaliknya memilih produk diluar kebutuhan anda karena tidak akan berdampak baik baik pengeluaran.

Sekarang membandingkan produk asuransi sudah menjadi lebih praktis dan dapat dilakukan hanya melalui ponsel pintar anda. (rls/ar)