Ratusan Siswa SMP Mengikuti 13 Cabang di Olimpiade Olahraga Kabupaten Tangerang

Sebanyak 736 pelajar (SMP) akan berlaga pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Tangerang, Foto. (Istimewa).
Sebanyak 736 pelajar (SMP) akan berlaga pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Tangerang, Foto. (Istimewa).

KABUPATEN,TANGERANG,Pelitabanten.com-Sebanyak 736 pelajar sekolah menengah pertama (SMP) utusan dari sepuluh gugus tugas berlaga pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Tangerang. Hal ini dilakukan guna mengembangkan bakat dan minat olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana, mengatakan, kegiatan O2SN digelar 26-27 Juli 2023 di Sport Center Citra Raya. Acara ini penting agar siswa dapat meningkatkan bakat dan minat terhadap olahraga.

“Ratusan siswa-siswi yang berasal dari lembaga sekolah di wilayah kecamatan akan mengikuti 13 cabang olahraga, yakni Atletik, Bola Basket, Bola Sundul, Bulu Tangkis, Bola Voli, Catur, Futsal, Karate, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo dan Tenis meja,” jelas dia, Rabu (26/7/2023).

Dadan menjelaskan, O2SN dapat menjadi motivasi bagi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat pada bidang olahraga, sekaligus untuk membentuk sikap mental, sportivitas, kejujuran serta rasa solidaritas dan tanggung jawab yang tinggi.

“Pendidikan tidak hanya menjadikan manusia yang cerdas tetapi dapat pula menghasilkan manusia yang tangguh, segar, bugar, fisik dan jiwa,” katanya.

Menurutnya, kegiatan O2SN ini juga merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga.

Ia juga berpesan kepada seluruh para pelajar yang akan bertanding dapat menjaga kedisiplinan dan sportifitas yang merupakan sifat dasar olahragawan untuk mengukir prestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Apresiasi untuk pemenang ada piagam dan uang pembinaan, ini juga bisa menjadi jalan untuk ke jenjang yang lebih tinggi, dan bisa menjadi prestasi saat mendaftar PPDB,” ungkapnya.

Hadir dalam pembukaan O2SN, Ketua KONI Kabupaten Tangerang Eka Wibayu mengatakan, ini ajang untuk mencari atlet berprestasi yang asli Kabupaten Tangerang.

“Mereka akan dibina untuk ikut pada ajang tingkat provinsi hingga nasional. KONI ikut mensuport dan akan mendata para atlet yang menang untuk segera dibina,” katanya.