KOPRI PB PMII Gelar Baksos dengan Masyarakat DKI Jakarta

Kopri PB PMII Gelar Baksos, pada Minggu (09/04/2023).
Kopri PB PMII Gelar Baksos, pada Minggu (09/04/2023).

JAKARTA, Pelitabanten.com– Korps PMII Putri (KOPRI) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan gelar bakti sosial (baksos) dengan mendistribusikan ratusan sembako dan Al-Quran kepada masyarakat DKI Jakarta, pada Minggu (9/4/2023).

Program yang diberi nama Berbagi Kemuliaan (Berlian) kepada sesama ini memiliki tujuan agar masyarakat kurang mendapatkan keberkahan bulan suci Ramadhan 1441 H.

Ketua Umum KOPRI PB PMII Maya Mauizatil Luthfillah mengatakan, kegiatan ini disebar di sejumlah titik di DKI Jakarta. Menurutnya, sedekah bagi orang yang memiliki harta lebih adalah kewajiban. Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif untuk mengajak stakeholder mendistribusikan ratusan Al-Quran dan sembako.

“Jadi di bulan suci ini, kita tidak hahya berbagi dalam bentuk lahiriah. Tetapi berbagi juga dalam bentuk batiniah yaitu berbagi al-Quran. Mudah-mudahan al-Qurannya terus dibaca sehingga bernilai pahala bagi semua,” kata Maya.

Maya menambahkan, KOPRI PB PMII berkomitmen menjadi organisasi mahasiswa yang akan berada di depan dalam membela masyarakat pinggiran. Hal ini katanya sebagaimana yang diamanatkan para pendiri PMII, bahwa PMII harus menjadi pelopor perubahan masyarakat, salah satunya perubahan dalam hal kesejahteraannya.

Maya juga menyampaikan bahwa selain program Berlian dan sedekah al-Quran, KOPRI PB PMII juga menggulirkan beberapa program lain, yaitu Ngabuburead, Khataman al-Quran dan Santunan Anak Yatim. Dia berharap program-program tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Program Berlian kami lakukan di beberapa titik di DKI Jakarta. Salah satunya berlokasi di kantor RW 01 Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat dan Asrama Gorontalo. Pada kegiatan ini kami membagikan sembako dan al-Quran,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, dalam perspektif Islam, sedekah dianjurkan pada setiap waktu selagi memiliki kelapangan baik tenaga, pikiran, maupun harta. Tetapi sedekah lebih dianjurkan pada bulan Ramadhan karena memiliki nilai yang istimewa sebagaimana sabda Rasulullah SAW riwayat Imam at-Tirmidzi.

Para sahabat sendiri menyaksikan kemurahan hati Rasulullah SAW di bulan Ramadhan. Mereka mengatakan bahwa Rasulullah adalah orang paling murah hati. Tetapi di Bulan Ramadhan, kemurahan hati Rasulullah SAW tampak lebih-lebih daripada di bulan lainya.

Oleh karena itu, para ulama menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik secara umum. Pasalnya, ganjaran kebaikan di Bulan Ramadhan dilipatgandakan sebagaimana keterangan Hasyiyah Al Baijuri. (MIR)