Cara Tepat Mengatur Keuangan yang Baik, Ala Mahasiswa

Cara Tepat Mengatur Keuangan yang Baik, Ala Mahasiswa
Sumber. Pixabay / Stevepb

Pelitabanten.com – Bagi kamu yang masih bergantung pada orang tua, memang perlu lebih bijak mengatur keuangan. Namun, hal tersebut berlaku juga bagi yang sudah bekerja. Kalau kamu mahasiswa yang berkuliah di luar kota alias merantau. Mengatur keuangan memanglah sebuah keharusan terlebih uang saku yang kita miliki masih dari orang tua. Keuangan harus dikelola dengan baik, agar kamu tidak terjebak dalam kesulitan, akibat tidak mengelola keuangan dengan baik

Berikut cara jitu mengatur keuangan dengan baik

1. Belajar menyisihkan uang

Sadari kecil kita sudah diajarkan untuk menyisihkan uang agar ditabungkan. Karena memang banyak manfaatnya. Rutinlah menyisihkan uang saku yang orang tua kasih, itung-itung itu investasi kecil-kecilan. Dengan uang tabungan tersebut kamu bisa jalan-jalan bareng teman tanpa harus meminta dana ke orang tua.

2. Memanfaatkan uang yang kamu dapatkan

Agar tidak terlalu bergantung pada orang tua kamu bisa bekerja sambil kuliah. Kamu bisa bekerja Parttime atau freelance. Itung-itung mengasah skill dan belajar dari hal-hal baru yang kamu temui. Asalkan pekerjaan yang kamu lakukan tidak menganggu prioritas utama kami sebagai mahasiswa.

3. Membeli sesuatu yang diperlukan

Beli lah sesuatu yang kamu perlukan bukan inginkan. Hindarilah gaya hidup yang hedonis karena hal tersebut akan memberatkan diri kita sendiri, kita dituntut berpenampilan sempurna. Untuk menghindarinya coba buatlah daftar list kebutuhan utama kamu.

4. Menjaga kesehatan tubuh

Mentang-mentang hidup hemat dan ngirit, kamu malah makan sembarangan atau hanya mengkonsumsi mie. Hal tersebut tidaklah tepat. Karena tida menutup kemungkinan hal tersebut malah memunculkan penyakit. Menjaga pola makan dan hidup sehat adalah kunci utama untuk mengatur keuangan, karena kalau sudah sakit kamu harus berobat ke dokter. Dan tentu saja perlu dana yang lumayan.

5. Buatlah daftar pengeluaran

  1. Ini penting banget sobat, untuk mengetahui berapa dana yang kamu keluarkan setiap harinya dalam sebulan. Catatlah yang oing utama seperti membayar kos, transportasi (kalau kamu jauh dari kampus), uang buku, biayanya makan, uang kuliah dan lainnya.

6. Rencana anggaran keuangan

Jangan sampai pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Ini sudah salah total. Maka dari itu kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan kamu. Agar uang yang orang tua kasih atau uang yang kamu hasilkan, tidak habis ditengah jalan.