Rumi Karya Sutradara Darwin Mahesa Dapat Penghargaan Internasional

Rumi Karya Sutradara Darwin Mahesa Dapat Penghargaan Internasional

Pelitabanten.com – Film Rumi karya sutradara Darwin Mahesa produksi Kremov Pictures Banten bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendapat penghargaan internasional kategori Best Islamic Short Film pada ajang Istanbul Film Awards 2022, kemudian film ini juga menyabet Special Golden Winners – Best Director pada Best Istanbul Film Festival 2022. Dua Kategori penghargaan ini, diumumkan melalui website resmi Istanbul Film Awards (IFA) dan Best Istanbul Film Festival (BIFF) 2022, Kamis (31/3).

Film Rumi merupakan film pendek Indonesia bertemakan islami yang terinspirasi dari puisi karya Jalaluddin Rumi penyair sufi populer, dengan menggabungkan latar Banten dan Turki mengisahkan perjalanan seorang santri bernama Rumi (17) yang sering mendapat hukuman karena melanggar aturan pesantren. Namun di sisi lain, Rumi merupakan santri yang cerdas dan kreatif. Saat perjalanan usai ziarah, ia tak sengaja dan terpana melihat kelompok penari sufi di Menara Banten. Rumi terinspirasi membuat lukisan yang membawanya pada Festival Kaligrafi Asean.

Rumi Karya Sutradara Darwin Mahesa Dapat Penghargaan Internasional

“Sama dengan kisah filmnya, Rumi sukses meraih dua penghargaan, kami tidak berhenti sampai disini, karena masih banyak festival lain yang kami ikuti. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses produksi film Rumi.” Ungkap Darwin Mahesa sutradara terbaik Best Istanbul Film Festival 2022.

Diketahui bahwa Kremov Pictures merupakan komunitas film dan rumah produksi yang berdomisili di Banten yang terus produktif dalam memproduksi film bertemakan kebudayaan, pariwisata dan kearifan lokal serta turut serta aktif menyumbang kegiatan perfilman di Indonesia melalui program komunitas. Berdiri sejak tahun 2007, saat ini anggota Kremov mencapai 100 orang dari berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Banten. Rumi merupakan film Kremov Pictures ke-28, dalam waktu dekat film ini akan ditayangkan di Ankara dan Istanbul Turki.

Berikut Trailer Rumi Karya Sutradara Darwin Mahesa :