Bisnis Alumni IPB, Nike Akhsaniyati Kholisoh Kembangkan Potensi Fashion Batik dan Tenun Baduy

Alumni IPB, Nike Akhsaniyati Kholisoh Kembangkan Potensi Fashion Batik dan Tenun Baduy

Alumni IPB, Nike Akhsaniyati Kholisoh Kembangkan Potensi Fashion Batik dan Tenun Baduy
Nike Akhsaniyati Kholisoh Kembangkan Potensi Fashion Batik dan Tenun Baduy.
Hari Guru Dinkes Tangsel

CILEGON, Pelitabanten.com– Designer Cilegon yang yang merupakan Alumni IPB, Nike Akhsaniyati Kholisoh, kembangkan potensi masyarakat pengrajin kain batik & tenun Baduy melalui brand fashion “Nikhol” di Acara Karya Kreatif Banten 2021.

Acara tersebut diadakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten pada Senin (11/10) yang menggelar Karya Kreatif Banten 2021. Pameran hasil karya UMKM secara virtual, BI Banten juga menampilkan hasil karya designer Banten dengan menggunakan kain wastra Banten.

Namanya Nike Akhsaniyati Kholisoh, biasa dipanggil Nike atau Nikhol. Founder Brand Fashion NIKHOL. Ia merupakan Alumni IPB angkatan 32, jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor.

Ketertarikannya pada dunia fashion telah mengakar keras dalam jiwa wanita asli Banten ini. Kegemarannya dalam menggambar desain pakaian sejak belia ditambah dengan belum banyaknya masyarakat Indonesia yang mengenal dengan baik kain khas Baduy sebagai kain khas Nusantara, membawanya terjun dalam bisnis fashion berkonsep modest Fashion.

Baca Juga:  Indonesia Gigit Jari Jika Aturan TKDN Ponsel Diterapkan Setengah Hati

“Pada dasarnya saya senang sekali dengan hasil-hasil karya yang dibuat oleh para pengrajin. Di situlah akhirnya merasa terpanggil untuk mengangkat nilai-nilai luhur kearifan lokal yang ada di daerah Banten,” kata Nike Nikhol dalam wawancara bersama Pelitabanten.com (21/10/2021).

Mitra adalah kata yang Nike Kholisoh gunakan untuk menggambarkan hubungannya dengan para perajin. Dengan istilah tersebut hubungan yang terjalin diantara keduanya menjadi lebih erat. Kedekatan ini membuat Nike sebagai pemilik Nikhol Fashion dapat dengan mudah mentransfer ide produk yang akan dibuat.

Kualitas hasil kerja keras Nike dan para mitranya terbukti dengan diperolehnya berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional. “Bagi saya berkolaborasi lebih baik untuk mensinergikan keunggulan yang kita miliki,” ujarnya. Brand Nikhol hadir di Cilegon Banten sejak tahun 2015. Dan rajin mengikuti kegiatan pameran ditingkat lokal maupun International.

Baca Juga:  Golkar Kompak Mendukung Airlangga Hartarto CAWAPRES Joko Widodo

Dalam rangkaian parade  fashion show oleh 6 designer Banten, yg diselenggarakam oleh Bank Indonesia dalam rangka Karya Kreatif Banten 2021. Di acara tersebut, Hasil karyanya mendapatkan penghargaan sebagai Karya Busana terfavorit yang disaksikan sebanyak 650 audience secara tayangan virtual zoom.

Koleksi busana karya Nikhol yang dipamerkan diacara BI, Karya Kreatif Banten 2021.
Koleksi busana karya Nikhol yang dipamerkan diacara BI, Karya Kreatif Banten 2021.

Koleksi 6 busana yg ditampilkan dalam event ini, diberi judul Spirituality dimana masa sekarang membuant banyak pola Pikir Kita berubah, musibah pandemi ini berhasil membuat seluruh dunia dihantui ketakutan karena sebuah wabah. Inilah yang membuat manusia jauh lebih spirituality dan dekat dengan alam, juga dekat dengan Tuhannya. Dari sini lah tema Spirituality diangkat, tema ini menggambarkan perubahan pola pikir manusia yang lebih berpijak pada nilai-nilai tradisi, budaya, dan penghargaan terhadap proses kerja, dan terpenting kedekatan kepada Sang Maha Pencipta. Look outfit yg ditampilkan menggambarkan wanita aktif modern yang tetap bangkit semangat namun tetap menghargai nilai2 luhur kehidupan. Outfit berkonsep ready to wear, cantik dikenakan untuk kegiatan harian (office/ hangout). (MIR)