Beranda Bisnis Program PKUR YBM BRI, naikkan Derjat Hidup Petani Cabai Merah

Program PKUR YBM BRI, naikkan Derjat Hidup Petani Cabai Merah

25
Program PKUR YBM BRI, naikkan Derjat Hidup Petani Cabai Merah

PANDEGLANG, Pelitabanten.com – Senyum warga Kampung Maja Timur, Majasari, Kabupaten Pandeglang terlihat merekah bersamaan dengan panen usaha Cabai Merah yang dilakoni. (Kamis 13/09).

Sejak Oktober 2017 warga Kampung Maja, Kabupaten Pandeglang ini, telah menerima bantuan modal usaha dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI), melalui Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR).

Sebelumnya, warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani ini, melakukan cocok tanam timun yang hasilnya tidak seberapa untuk meningkatkan ekonomi taraf hidup petani. Sehingga di tengah kondisi ekonomi menengah ke bawah menyebabkan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun pendidikan anak-anak.

Salah satunya Anwar, anggota kelompok PKUR Cabai Merah yang sudah tidak muda lagi. Namun kegigihannya terus dikencangkan. Allah SWT tak pernah luput membalas setiap perjuangan hamba-Nya. Saat ini, Anwar berhasil memperoleh keuntungan dari hasil tani cabainya senilai Rp. 39,000,000 dalam sekali panen.

“Uang tersebut digunakan untuk biaya pendidikan dan renovasi rumah. Saya sangat berterima kasih pada YBM BRI atas pemberian modal yang diberikan kepada kami,” tutur Anwar.

Program PKUR YBM BRI, naikkan Derjat Hidup Petani Cabai Merah Program PKUR YBM BRI, naikkan Derjat Hidup Petani Cabai Merah“Alhamdulillah, kini selain bisa membiayai pendidikan anak-anak sekolah hingga ke perguruan tinggi. Para petani juga bisa merenovasi rumah yang sebelumnya hampir tidak layak huni”, lanjut Anwar.

Hama dan cuaca yang tak menentu menjadi kendala bagi para petani yang bercocok tanam di atas lahan seluas satu hektar. Namun, berkat pendampingan khusus dan edukasi yang difasilitasi oleh YBM BRI, menambah wawasan dan pengetahuan bercocok tanam. Hal, itu menuai kesuburan pada pertanian cabai merah yang dilakoni warga Kampung Majatimur, Majasari, Kabupaten Pandeglang. Sehingga, berhasil dijual seharga Rp. 35,000 – 50,000 per-kilonya.

Sopiyan Hadi, selaku Pelaksana Harian (PH) Jakarta 3 mengatakan, “Dengan adanya bantuan pemodalan petani untuk bercocok tanam cabai merah menjadikan masyarakat Kampung Majatimur, Majasari, Kabupaten Pandeglang lebih mandiri dan sejahtera”.

“Dan tidak lupa juga, dengan adanya program PKUR ini menyadarkan masyarakat untuk gemar menabung,” tutup Sopiyan Hadi.

Melihat perkembangan yang terjadi pada warga Kampung Maja Timur, Majasari, Kanupaten Pandeglang, YBM BRI semakin lebar mengepakan sayap untuk menebarkan kebermanfaatan melalui bantuan modal usaha bagi yang membutuhkan,  melalui program PKUR di seluruh Indonesia. Ayo ambil bagian dari peluang mengulurkan tangan untuk sesama melalui YBM BRI.