Telkomsel Pastikan Kesiapan Infrastruktur Jaringan dan Layanan Broadband Terdepan di Kawasan Mandalika

TANGERANG, Pelitabanten.com – Telkomsel memastikan ketersediaan jaringan mobile broadband 4G/LTE dan 5G yang andal di kawasan Mandalika, khususnya di Mandalika International Street Circuit guna mendukung perhelatan World Superbike (WSBK) 2022 yang berlangsung selama 11-13 November 2022.

Melalui inisiatif tersebut, Telkomsel berupaya memastikan seluruh pembalap, official team, panitia penyelenggara, jurnalis, pengunjung dan turis mancanegara, hingga masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, bisa mendapatkan pengalaman akses komunikasi dan aktivitas digital yang optimal.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE dan 5G Telkomsel di kawasan Mandalika.

“Tentu kami berharap dukungan ini dapat memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat yang hadir untuk menikmati dan mengabadikan keseruan perhelatan event olahraga otomotif balap motor internasional, yakni WSBK 2022,” kata Nugroho dalam keterangan persnya yang diterima Redaksi Pelita Banten di Tangerang, Kamis (10/11).

Dengan mengandalkan pengalaman sebelumnya yang sukses mendukung perhelatan MotoGP 2021, pihknya memastikan kesiapan dukungan yang lebih maksimal, khususnya dalam memberikan pengalaman terbaik bagi turis mancanegara yang datang ke Nusa Tenggara Barat, baik untuk menikmati keseruan perhelatan event internasional WSBK 2022 maupun mengeksplorasi keindahan alam wilayah setempat.

Dalam memastikan dukungan yang optimal, Telkomsel telah melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk 392 BTS 4G/LTE, serta tambahan 6 unit Compact Mobile BTS (Combat) di kawasan Mandalika International Street Circuit, guna memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung dan tim peserta balap motor event WSBK 2022.

Sementara itu, untuk mendukung sektor pariwisata, Telkomsel juga telah menambah 57 unit BTS 4G/LTE yang menjangkau area penginapan, lokasi kuliner, medical center, titik transit transportasi seperti bandara, serta tempat wisata, termasuk yang menjangkau jalur jalan utama di kawasan Mandalika.

Telkomsel turut memastikan ketersediaan kartu perdana “Telkomsel Prabayar Tourist” dengan beragam kemudahan dan keuntungan yang dapat dimanfaatkan oleh turis mancanegara yang berkunjung di Indonesia untuk dapat mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas digital selama berada di Indonesia.

Dengan memanfaatkan kartu perdana tersebut, turis mancanegara dapat menikmati kuota data sebesar 25 GB, kuota telepon lokal 25 menit, dan kuota telepon internasional (IDD Call) 25 menit untuk masa aktif 30 hari, dengan harga terjangkau Rp100 ribu.

Untuk kemudahan yang diberikan, kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist dapat dibeli sebelum kedatangan di Indonesia, cukup dengan melakukan pre-order melalui telkomsel.com/perdana/tourist-prepaid-card dan melengkapi formulir yang dibutuhkan.

Selanjutnya, kartu perdana Telkomsel Prabayar Tourist dapat diambil di GraPARI atau gerai penjualan Telkomsel tertentu ketika telah tiba di Indonesia.

Nugroho lebih lanjut mengatakan, pada perhelatan event balap motor internasional MotoGP 2021 dan WSBK 2021 lalu, Telkomsel sukses memastikan kenyamanan aktivitas digital masyarakat dan pengunjung Mandalika International Street Circuit, Lombok – Nusa Tenggara Barat.

Kesuksesan tersebut tergambar dari total payload trafik komunikasi layanan broadband Telkomsel secara keseluruhan mencapai lebih dari 297 TB (Terabyte) atau melonjak hingga 96 persen dibanding hari biasa.

Sementara itu, khusus untuk layanan data jaringan 5G Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik payload mencapai lebih dari 7815 persen.

Kemudian sebanyak lebih dari 30 ribu wisatawan mancanegara memanfaatkan layanan roaming dari Telkomsel, yang turut mendorong tumbuhnya pengguna layanan 4G/LTE Telkomsel mencapai lebih dari 123 persen dan layanan 5G Telkomsel hingga 3900 persen.

Nugroho menambahkan, Kesiapan kualitas dan kapabilitas jaringan mobile broadband untuk mendukung perhelatan WSBK 2022 merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam melanjutkan penguatan infrastruktur dan teknologi jaringan terdepan yang sudah dihadirkan di kawasan Mandalika, terutama di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Telkomsel konsisten untuk terus membuka peluang lebih luas bagi kemajuan seluruh lapisan masyarakat, khususnya dalam meningkatkan ekonomi digital masyarakat di Nusa Tenggara hingga sektor pariwisata lokal agar dapat tumbuh melalui pemanfaatan teknologi terdepan,” ungkap Nugroho.