Riset Digital Inovatif, Telkomsel Hadirkan Platform tSurvey.id

TANGERANG, Pelitabanten.com – Telkomsel memperluas portofolio bisnis layanan digitalnya dengan meluncurkan platform tSurvey.id kepada publik secara virtual pada ajang tahunan Insight for Indonesia 2022: Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id, (24/5).

 tSurvey.id merupakan platform survei digital yang menawarkan solusi bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nammengatakan, peluncuran tSurvey.id merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam melanjutkan positioning sebagai digital ecosystem enabler yang terus mengakselerasi lahirnya solusi digital baru melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi terdepan.

“Kehadiran tSurvey.id juga menjadi bagian dari upaya kami untuk membantu dan memfasilitasi berbagai pemangku kepentingan, baik akademisi, profesional, Lembaga Swadaya Masyarakat, maupun pelaku usaha lintas sektor industri dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan dengan mendorong penguatan kultur pengambilan keputusan berbasis data,” kata Wong Soon Nam dalam keterangan persnya yang diterima Redaksi di Tangerang, Rabu (25/5).

Sebagai hasil inkubasi bisnis dari unit bisnis Data Solution Group Telkomsel, Kapabilitas platform tSurvey.id telah diperkaya data insight telco sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai dari jangkauan basis responden yang luas, fitur respondent targeting dengan profil yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user friendly.

Menurut dia, tSurvey.id hadir sebagai hasil dari program inkubasi program internal Telkomsel InnoXtion (kini Telkomsel TINC Polaris) dan bertujuan mendukung terciptanya data-driven decision-making culture, baik dalam lingkup akademik, komersil, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.

Sejak tahun 2021, unit bisnis Data Solution Group Telkomsel telah melakukan berbagai pengembangan berkelanjutan guna memastikan tSurvey.id menjadi platform survei digital dengan kapabilitas unggul di pasar industri market research.

Pada bulan Desember 2021, tSurvey.id mulai diutilisasi secara komersial dan telah melayani kebutuhan riset pasar bagi sejumlah perusahaan di berbagai sektor industri.

Wong Soon Nam menjelaskan, melalui berbagai tahap pengembangan, kini tSurvey.id telah memiliki beragam keunggulan sebagai platform riset digital. Keunggulan-keunggulan tersebut meliputi jangkauan basis responden yang luas di seluruh Indonesia, fitur respondent targeting yang akurat berdasarkan hasil analisa perilaku riil pengguna jaringan Telkomsel, kecepatan untuk mendapatkan keluaran hasil, serta platform yang memberikan kemudahan dalam mengelola survei, mulai dari pembuatan, pengiriman, hingga pelaporan hasil survei.

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) telah menguji kapabilitas platform riset digital tSurvey.id dan menggandeng Telkomsel dalam pelaksanaan studi dan penyusunan laporan tahunan yang bertajuk 2022 Consumer Insight Report. Studi yang dilakukan selama kurang lebih satu setengah bulan tersebut berfokus pada perilaku konsumsi masyarakat Indonesia dari berbagai aspek.

Berbasis opini dari 1.500 responden di seluruh Indonesia, tSurvey.id bersama LM FEB UI berhasil mengungkap perilaku konsumen Indonesia selama tahun 2021 dan memprediksi tren konsumsi untuk tahun 2022.

Vice President Data Solutions Telkomsel Mia Melinda menambahkan, untuk memperkaya insight hasil studi tersebut, Telkomsel turut menghadirkan sederet nama besar dari beberapa brand terkemuka di Indonesia di ajang tahunan Insight for Indonesia 2022 : Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id. Mulai dari Vincent Tjendra (CEO Astro), Abraham Viktor (CEO Hangry Group), Henry Manampiring (VP Marketing RedDoorz), Ario Adimas (VP Loket.com), Reynazran Royono (CEO FITA), Rezki Yanuar (VP Marketing Vidio.com), hingga Hilda Kitti (VP Marketing Tokopedia) yang masing-masing memaparkan pandangan mereka sebagai pelaku industri terkait strategi bisnis yang tepat dan selaras dengan perilaku konsumen yang dinamis.

Dalam ajang ini, hadir pula Komisaris Telkom Group Marcelino R. Pandin dan Komisaris Independen Telkom Group Abdi N. Nurdin.