Panduan Pendidik Untuk Menggunakan Video Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran

Video Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran
Pengajar Universitas Pendidikan Indonesia turut berpartisipasi dalam pembuatan video daring (ISTIMEWA)

Pelitabanten.com – Dalam iklim pendidikan modern kita, video dalam pendidikan telah memiliki banyak arti dan dapat meningkatkan atau bahkan menjadi tulang punggung pengalaman siswa dalam belajar. Pendidik membuat video mereka sendiri untuk mengajarkan pelajaran atau merekam konten untuk siswa yang tidak dapat membuatnya menjadi pengaturan kelas tradisional. Beberapa guru memutuskan untuk menggunakan video yang sudah ada sebelumnya dari sumber seperti YouTube yang dapat ditandai tergantung pada video dan kontennya. Menyatukan semua manfaat teknologi antara guru dan siswa ini akan membantu menumbuhkan generasi pembelajar baru yang tahu bagaimana memaksimalkan teknologi apa yang ditawarkan kepada mereka dalam hal studi mereka.

Artikel ini membahas tentang beberapa aspek penting yang harus diingat oleh pendidik saat menggunakan video untuk melengkapi pengajaran dan pembelajaran.

Membuat Video Untuk Siswa

Sama seperti dulu ketika Anda harus membaca buku petunjuk dan buku, banyak siswa merasa lebih mudah untuk belajar dari demonstrasi praktis daripada dengan membaca tentang mereka. Ketika Anda tidak dapat mengajar siswa Anda secara tatap muka, Anda masih bisa mendapatkan banyak personalisasi dengan konferensi video langsung. Baik mereka menonton video yang sudah direkam sebelumnya atau menghadiri kelas video langsung, ini telah menginspirasi banyak guru untuk mencoba apa yang disebut kelas membalik – di mana mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka di luar kampus dalam kelompok yang lebih kecil untuk diskusi yang membutuhkan perhatian individu dan semuanya direkam sebagai referensi untuk kuis dan ujian.

Jenis Video

Video dapat berupa sinkron atau asinkron. Salah satu keuntungan dari video sinkron adalah bahwa mereka menawarkan akses ke pakar langsung dan pembuat konten dengan siapa Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk terhubung. Ini sangat berguna bagi pelajar yang mencari saran khusus. Ini juga memungkinkan keterlibatan selama proses pembelajaran, yang membuat perbedaan besar dengan membuat siswa lebih terlibat. Namun, ini mungkin tidak sesuai untuk setiap situasi, terutama ketika pihak-pihak yang terlibat tidak dapat berkomunikasi satu sama lain secara real-time. Lebih sering daripada tidak, para peserta akan frustrasi menunggu jawaban atas pertanyaan mereka atau hanya mengobrol dengan orang lain.

Alat Populer untuk Konferensi Video Sinkron (Langsung)

Ada beberapa cara yang digunakan pendidik untuk bekerja dengan siswa agar dapat menyatukan mereka semua untuk ‘pertemuan’ reguler di seluruh kelas. Meskipun tidak semua perangkat seluler dilengkapi dengan layanan pra-instal seperti Skype atau Microsoft Teams, ada banyak opsi di luar sana yang memungkinkan Anda melakukan hal ini dan banyak lagi! Empat alat konferensi video paling populer termasuk Zoom, G-meet, Teams, dan Skype.

Alat Populer untuk Merekam Screencasts

Ada banyak jenis video yang dihasilkan guru. Salah satu jenis video adalah screencast, yang merupakan rekaman layar komputer Anda – biasanya dilakukan saat Anda mendemonstrasikan cara menggunakan alat atau program tertentu.

Alat Online Gratis Untuk Membuat Video Pendidikan

Ada banyak alat pendidikan online di luar sana untuk membantu meningkatkan pendidikan online. Berikut adalah beberapa alat yang akan membantu Anda memulai membuat video pendidikan Anda sendiri:

1. Animasi (PowToon atau Biteable)

Kedua alat ini memiliki paket gratis dan dapat digunakan oleh siswa di bawah 13 tahun. Namun, mereka memerlukan ID siswa untuk mendaftar melalui email. Paket gratis Powtoon menyediakan animasi hingga tiga menit dengan kemampuan branding yang kuat sementara paket bebas tanda air Biteable memungkinkan Anda membuat lebih dari sepuluh video dan membagikannya di media sosial.

2. Lumen5

Lumen5 adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi. Ini memiliki antarmuka yang sangat ramah pengguna yang memberi pembuat konten dan pelajar alat sederhana, cepat, mudah dipahami yang memungkinkan mereka membuat cerita luar biasa menggunakan elemen media apa pun yang diinginkan hati mereka! Dengan Lumen5, mereka dapat me-remix lagu, gambar, dan video tanpa tanda air atau gangguan lain saat sedang dibuat! Lumen5 memungkinkan seseorang untuk membuat konten unik dari awal sehingga Anda dapat menggunakan elemen media Anda sendiri alih-alih mengandalkan materi bebas hak cipta. Alasan mengapa hal ini penting adalah karena tidak ada yang lebih buruk daripada mengorbankan karya agung Anda atas barang-barang yang tidak Anda miliki. Secara keseluruhan, ini adalah pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang menginginkan kursus yang dapat disesuaikan atau jenis video berbasis cerita lainnya!

3. InVideo

InVideo adalah luar biasa editor video yang dapat membantu Anda membuat video berkualitas profesional tanpa kantong. Alat ini membuat seluruh proses pengeditan video menjadi mulus dengan memungkinkan pengguna membuat video yang terlihat profesional dengan antarmuka yang mudah digunakan, bahkan dengan sedikit atau tanpa pengetahuan tentang produksi video. Muncul dengan lebih dari 4000 template pra-desain yang dapat Anda sesuaikan dengan mudah mengubah elemen seperti teks, gambar dan bahkan menghasilkan video layar hijau utuh hanya dengan menambahkan foto dari galeri perangkat Anda! Dan jika itu belum cukup, InVideo memiliki lebih dari sepuluh tema gratis untuk dipilih, jadi alat ini tidak perlu diunduh ulang saat beralih estetika.

4. EdPuzzle

Ini adalah alat online menarik yang mengambil video pendidikan pilihan Anda dan mengubahnya menjadi pelajaran singkat dan terfokus. Video mereka dapat ditemukan di YouTube, Khan Academy dan sumber terkenal lainnya atau bahkan dapat berasal dari video Anda sendiri yang dibuat untuk kelas! Dengan alat Edpuzzle, Anda dapat memeriksa apakah siswa melihat video Anda untuk memperkuat pelajaran yang diajarkan di kelas. Anda dapat melacak kemajuan setiap pemirsa melalui pertanyaan bawaan, narasi, dan efek kamera.

5. Animoto

Animoto menawarkan akun gratis kepada pengajar untuk membuat akun siswa. Alat yang mudah digunakan memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar dan klip video dari web atau perangkat seluler mereka, lalu menempatkan teks di mana pun mereka mau. Anda juga dapat menambahkan sulih suara dan musik latar, membuat seluruh produk akhir dalam hitungan menit.

6. FlexClip

FlexClip adalah cara termudah untuk membuat video pendidikan dalam hitungan menit, dan Anda tidak perlu memiliki pengetahuan desain sebelumnya. Alat ini sangat ideal untuk mentransmisikan cerita melalui konten audiovisual, dengan antarmuka yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang sederhana dan ramah saat membuat dan mengedit video.

Dengan FlexClip, Anda dapat menggunakan ribuan template pradesain yang dimilikinya atau membuat video Anda dari awal. Anda juga memiliki kemungkinan untuk menggunakan gambar dalam perpustakaan multimedia yang luas, di mana Anda akan menemukan overlay, efek animasi, dan musik untuk membuat video asli. Editor ini intuitif; oleh karena itu, ini memungkinkan Anda untuk melihat kemajuan video Anda secara instan dengan satu klik.

Semua video yang Anda buat disimpan di profil pengguna Anda. Anda dapat menggunakannya kembali sebagai templet pribadi untuk menghasilkan versi dengan sedikit modifikasi, menjaga konsistensi identitas merek Anda.

Kesimpulan:

Anda dapat membuat video pendidikan dengan editor video online dan melibatkan siswa Anda lebih baik daripada dengan kelas offline. Mengedit video memang menyenangkan, tetapi juga bisa memakan waktu. Editor video yang tercantum di atas menawarkan cara untuk mengedit video Anda dengan mudah dan membuatnya terlihat rapi untuk pelajaran Anda berikutnya.

Pemerhati dan penikmat musik, bergabung dengan Pelita Banten pada tahun 2017 sebagai Jurnalis