Besok Bupati Irna Berikan Hadiah Tambahan untuk Pemenang Lomba Event Olahraga Dispora Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita.
Bupati Pandeglang Irna Narulita.

KABUPATEN , Pelitabanten.com – Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati tidak tinggal diam dengan ramainya berita hadiah uang dengan jumlah tidak ideal yang diterima pemenang kompetisi yang diselenggarakan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Pandeglang yang terselenggara belum lama ini.

Bupati Pandeglang langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan penelusuran. Hasilnya, tim yang diterjunkan Bupati Pandeglang menemukan bahwa event olahraga ini tanpa sepengetahuan kepala daerah meski mengusung tema Bupati Cup.

Menurutnya event olahraga yang terdiri dari pencak silat, futsal, karate, dan juga janggal karena memberlakukan biaya kepada peserta karena event olahraga pelajar ini merupakan tanggungjawab dalam hal pendanaan.

Tidak sebatas itu, KONI Pandeglang sebagai lembaga yang memayungi cabang olahraga juga megaku tidak mendapatkan informasi secara resmi baik undangan maupun tenis pelaksanaan event olahraga tersebut.

Namun demikian Bupati Pandeglang menyatakan tetap bertanggungjawab terhadap kelangsungan olahraga di Pandeglang berikut atletnya yang sudah tampil atas nama sekolah atau klub olahraganya masing-masing.

“Kami tidak tahu ada event olahraga Bupati Cup yang diselenggarakan Dispora karena sejak awal kami sudah sampaikan kepada seluruh OPD, lembaga, dan masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengundang massa karena status Pandeglang masih Level III. Ibu baru tahu setelah ramai pemberitaan terkait hadiah yang kecil dan katanya (dipemberitaan-red) adalah Piala Bupati. Karena itu (hadiah-red) dikaitkan dengan pemerintahan dan personal maka Ibu bertanggungjawab dan akan memberikan hadiah tambahan kepada para pemenang sesuai kelayakan di olahraga amatir. Kalau soal kegiatan yang terselenggara dalam masa PPKM Level III akan dievaluasi khusus. kamipun akan mengevaluasi kinerja Kadispora dan seluruh jajaran di Dispora,” kata Bupati  Pandeglang  dalam siaran persnya pada Minggu 18 2021.

Terkait teknis penyerahan hadiah tambahan dari Bupati Pandeglang ini akan dilakukan di Sekretariat Daerah (Setda) Pandeglang pada Senin 20 Desember 2021 bersama KONI Kabupaten Pandeglang. “Atlet dan Pembina olahraga di Pandeglang harus tetap semangat apapun kondisinya karena Pemda Pandeglang akan terus memberikan kepada kemajuan olahraga daerah,” tegasnya

Ketua Harian KONI Pandeglang Fery Hasanudin tidak membantah pihaknya minim informasi terkait event olahraga di Dispora. “Saya cek ke kesekretariatan KONI, memang tidak ada surat pemberitahuan atau undangan event Bupati Cup. Idealnya penyelenggara bersurat karena bagaimanapun pengcab olahraga ada dibawah KONI,” kata Fery.

Soal hadiah yang dinilai tidak layak kepada para juara, Fery menyebut itu adalah ranah Dispora. “Kami tidak tahu masalah itu. Namun kami juga tidak tinggal diam dan akan mengalokasikan dana untuk hadiah tambahan untuk para juara panjat tebing. Bagaimanapun mereka itu aset olahraga Pandeglang yang harus di-mumule (diprioritaskan),” mantan Sekda Pandeglang itu.