Update Dinihari Kebakaran TPA Rawa Kucing, Doa Masyarakat Kota Tangerang Diharap

Update: Kebakaran TPA Rawa Kucing, Doa Masyarakat Kota Tangerang Diharap
Kabut Asap dan Angin Kencang Sulitkan Petugas Pemadam Kebakaran Taklukan si Jago Merah di TPA Rawa Kucing di Minggu Malam (22/10). Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Sudah dua malam kebakaran besar melanda TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang. Kondisi hari kedua, Sabtu (21/10/23) jelang dinihari ini terpantau cukup menyulitkan petugas yang terus berjibaku memadamkan kobaran api.

Hal itu dikarenakan angin kencang tak henti berhembus sejak siang, hingga malam ini dan membuat kepulan asap tebal terus menyelimuti lokasi kejadian.

Terdapat sejumlah petugas pemadam kebakaran ini bertumbangan dan Imbauan warga sekitar untuk di evakuasi dan diungsikan terus dilakukan.

Ratusan warga pun sudah berhasil di evakuasi di lokasi penampungan sementara yakni di Kantor Kecamatan Neglasari.

Hingga malam weekend ini, 534 petugas gabungan telah dikerahkan dan terus berupaya padamkan api, tanpa lelah dan gentar siang hingga malam mereka terus berjuang.

Armada hingga kini masih dikerahkan, ialah 24 Unit damkar BPBD Kota Tangerang, 22 Unit Tangki Pertamanan, 4 Tangki DLH Kota Tangerang, 2 unit damkar Bandara Soetta, 2 unit damkar Kota Tangsel, 3 unit pemadam dan 1 unit quick response Damkar DKI.

Ada juga ada 1 unit Damkar BPBD Kabupaten Tangerang, 1 unit Damkar dan 1 Unit Power Suplai BPBD Provinsi Banten, terbaru dikerahkannya 10 alat berat DPUPR Kota Tangerang.

“Kendala hari kedua ini ialah cuaca dan luasan area yang terbakar, terlebih medan atau pijakan yang mudah amblas. Tapi terberat hari kedua ini ialah kepulan asap yang tebal,” kata Maryono Hasan, Kepala BPBD, Kota Tangerang dalam keterangannya. Minggu (22/10/2023) dinihari.

Maryono berkata, kondisi terakhir masih dalam proses pemadaman dan penguraian dengan alat berat, masih ada perambatan api di pintu dua dan tiga, lebih dari 100 warga pun telah diungsikan di Kecamatan Neglasari.

Terhadap pengungsian tambahan pun telah disiapkan, yakni di GOR Neglasari dan Kantor Dinas Sosal Kota Tangerang.

“Luas daerah terdampak yaitu terbakar sekitar 80 persen dari 34 hektare luas TPA Rawa Kucing. Selain itu, kerugian yang telah terdata ialah kendaraan yang terbakar, mulai dari mobil minibus, mobil patroli, mobil loader dan motor. Bangunan gudang timbang dan sederet bedeng pengepul pun hangus terbakar,” jelas Maryono.

Hingga berita ini diterbitkan melalui Pelitabanten.com kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang diharapkan doa dan dukungan. Musibah kebakaran TPA Rawa Kucing di Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari dapat segera teratasi.