Seminar Keprotokolan, Arief: Peran Protokol sebagai Ujung Tombak Suksesnya Acara

Seminar Keprotokolan, Arief: Peran Protokol sebagai Ujung Tombak Suksesnya Acara
Arief R Wismansyah, Walikota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Keberhasilan suatu acara, ditentukan oleh perencanaan dan persiapan yang baik. Di mana peran protokol sangat penting sebagai ujung tombak serta menentukan keberhasilan sebuah acara.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, saat membuka kegiatan Seminar Keprotokolan dan Public Speaking yang mengangkat tema “Cakap Mengatur Acara, Cerdas Berbicara”, Rabu, (20/09) di Ruang Al-Amanah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Tahapan perencanaan dan persiapan, lanjut Arief, menjadi faktor yang tak kalah penting dalam mengangkat citra positif dari sebuah daerah.

“Bagaimana kita mau dilihat profesional dan siap kalau tidak bisa mempersiapkan acara dengan baik,” terang Arief.

Menurut Arief, keprotokolan juga tidak hanya tentang tatanan tempat saja, namun lebih dari itu. Oleh karena itu dirinya meminta agar ilmu yang didapatkan hari ini dapat diimplementasikan dengan sebaik mungkin di lingkungan kerja masing-masing.

“Keprotokoleran tidak hanya tentang tempat duduk saja, contoh lainnya seperti susunan acara, tata upacara, kesiapan personil, dan lainnya,”

“Jika keprotokolan dalam sebuah acara berjalan dengan baik maka akan sangat terasa kekhidmatan acara tersebut dan berkesan bagi para audiens yang hadir,” lanjutnya.

Arief, mengharapkan, para peserta seminar dapat membuka wawasan tentang penyelenggaraan acara yang membawa nama pemerintah daerah agar tidak berjalan sekadarnya, namun membawa kesan yang mendalam bagi tamu yang datang.

“Gimana kalau yang hadir itu kepala negara, gimana kalau yang diundang itu masyarakat, belajar gimana cara mempersiapkannya biar berkesan bagi para audiens yang hadir,” pintanya di hadapan peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD Pemkot Tangerang.

Arief, juga menekankan, kualitas dari penyelenggaraan acara juga menjadi wadah untuk mempromosikan potensi daerah kepada masyarakat umum agar dikenal secara luas.

“Kalau acaranya berkualitas, pasti akan menjadi buah bibir yang bisa disampaikan ke banyak orang,” pungkasnya.